Kota Padang Kuasai Pemilihan Duta Genre Tingkat Sumbar

 Sumbar

kontestan Duta Mahasiswa Genre 2017

Padang – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumatera Barat  menggelar lomba Duta Mahasiswa Generasi Berencana (Genre) tingkat Provinsi  tahun 2017.

Arif Vareline dan Negmah Putri duta Generasi Berencana (Genre) Kota Padang berhasil menjadi yang terbaik dalam acara puncak pemilihan Duta Genre 2017 Sumatera Barat yang dilaksanakan 21 April di Hotel Bumiminang Padang.

Juara kedua duta genre putra ditempati Azhar Lubis dari Bukittinggi dan juara ketiga diraih M Ichsan dari Solok Selatan. Sementara di bagian putri juara dua diraih Zikril Harsna dari Kota Padang Panjang serta juara ketiga Yatsuke Juliana Sukamto.

Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Syahruddin mengatakan Duta Generasi Berencana (Genre) merupakan figur motivator yang terampil dan berkarakter bagi remaja.

Peranan Duta Genre diakui Syahrudin sangat besar dalam melakukan sosialisasi tentang kependudukan dan KB bagi kalangan remaja dalam rangka menyiapkan bonus demografi pada 2020 hingga 2035. Disamping itu juga berperan dalam rangka meningkatkan kualitas hidup remaja, karena hal itu sesuai dengan amanah Undang-Undang nomor 52 Tahun 2009, tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, pasal 48 ayat 1.

“Kebijakan pembangunan keluarga melalui pembinaan ketahanan dan kesejahteraan keluarga, salah satunya dilaksanakan dengan cara meningkatkan kualitas remaja, pemberian akses informasi, pendidikan konseling dan pelayanan tentang kehidupan berkeluarga.Dengan peran Duta Genre, sosialisasi dan promosi Program Genre di lingkungan sekolah, kampus maupun masyarakat umum akan lebih efektif,” katanya.

Seperti diketahui, tahapan seleksi Duta Genre tersebut dimulai dari kabupaten dan kota dan melalui jalur seleksi umum langsung yang dilakukan di BKKBN Perwakilan Sumbar.

Dari proses seleksi yang panjang itu, terpilihlah 50 orang perwakilan Sekolah, perguruan tinggi maupun akademi dari 16 kabupaten dan kota se-Sumbar.

“Mereka sudah melakukan Technical Meeting 2 (dua) kali di Bulan Maret 2017, untuk mempersiapkan Karantina yang telah dimulai dari tanggal 19 hingga 21 April 2017,” katanya.

Ia berharap melalui kegiatan tersebut remaja genre Sumbar dapat lebih meningkatkan Promosi & Sosialisasi Program Genre, serta Aksi Nyata kepada Remaja khususnya dalam menanamkan pemahaman tentang pentingnya pendewasaan usia perkawinan.

Sementara itu Kepala BPMPKB Kota Padang Muji Susilawati sangat bangga atas terpilihnya Duta Genre Kota Padang di tingkat Sumbar. Artinya pemuda pemudi Kota Padang sudah digembleng dengan maksimal, hingga meraih predikat terbaik.

Untuk pemilihan Duta Genre tingkat nasional, pihaknya akan lebih maksimal menggembleng pemuda pemudi Kota Padang, agar bisa meraih hasil bagus tentunya.

banner 468x60

Related Posts