Rumah Pintar Duo Koto Bakal Dapat Bantuan dari Perpustakaan Nasional

 Budpar

a25ca350-7b4c-4755-8be7-8cd01c303a3a

Tanjung Batung, Sumbarpost.com–Perpustakaan Nagari Duo Koto, Rumah Pintar Taman Baca Masyarakat Tunas Muda kedatangan tamu istimewa dari Tim Sinergitas Perpustakaan dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumatera Barat yang didampingi Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Agam beserta jajaran, Kamis, (16/7).

Kunjungan Tim dari Provinsi tersebut, untuk monitoring dan evaluasi (Monev) Perpustakaan Nagari Duo Koto, Rumah Pintar Tunas Muda yang bakal menerima bantuan dari Perpustakaan Nasional RI, berupa buku bacaan, dan beberapa unit komputer.

Ketua Tim Sinergitas Perpustakaan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumbar, Yelvi Oktavia, mengatakan, pihakya sangat mengapresiasi Perpustakaan Nagari Rumah Pintar Tunas Muda Duo Koto ini, karena lokasi perpustakaan yang cukup strategis, ruangan yang memadai dan ketersediaan jaringan internet bagi pengunjung yang ingin mendapat informasi secara online.

5256f320-5434-4d83-9225-b78d6e2081e3

“Saya apresiasi Perpustaakaan ini, karena lokasinya yang strategis dan memiliki ruangan yang luas, sehingga bisa menampung masyarakat yang ingin memperoleh informasi di perpustakaan ini,” ujarnya sambil tersenyum

Yelvi menambahkan, apalagi di gedung yang sama menurut info dari Walinagari, ada posko UMKM Duo Koto dan Komunitas Siaga Bencana (KSB). Dengan demikian masyarakat yang membaca buku di perpustakaan bisa langsung menerapkan ilmunya di posko UMKM dan KSB tersebut.

“Memang seperti ini hendaknya manfaat sebuah perpustakaan nagari. Ilmu yang didapat masyarakat dari membaca buku di perpustakaan bisa diterapkan langsung oleh masyakat karena telah disediakan wadahnya oleh pihak nagari,” katanya.

Terkait ketersediaan buku bacaan, Yelvi mengatakan, tampaknya memang masih kurang, mudah-mudahan bantuan dari Perpustakaan Nasional RI bisa mencukupi dan kami juga akan mengajukan kepada Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumbar untuk membantu kekurangannya.

a85f9efc-2e1e-46b6-a819-b2affc6cfbdb

Menurutnya, bantuan dari Perpustakaan Nasional melalui program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial ini seperti, buku sebanyak 1.000 eksemplar dari 500 judul dan sepaket dengan raknya. Kemudian perangkat komputer operasional pelayanan 3 unit dan bentuk bantuan lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Agam, M. Arsyid, mengatakan, pihaknya sengaja mendampingi Tim Sinergi dari Sumatera Barat, dalam rangka mengunjungi penerima manfaat Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. Dimana di Kabupaten Agam, Satu-satunya yang mendapatkan yakni Nagari Duo Koto, Kecamatan Tanjung Raya.

“Alhamdulillah pada hari ini, Rumah Pintar Tunas Muda dikunjungi oleh Tim Sinergi dari Provinsi Sumatera Barat. Kita berharap bagaimana perpustakaan Rumah Pintar Tunas Muda Nagari Duo Koto ini bisa nantik betul-betul melaksanakan kegiatan semaksimal mungkin, karena akan menerima manfaat baik itu buku maupun komputer dan sebagainya dari Perpustakaan Nasional,” ungkapnya.

836353a6-867d-4dd9-918c-e2969163bc4a

Lebih lanjut ditambahkan M. Arsyid, kedepan hendaknya perpustakaan ini bisa menjadi pusat berbagai kegiatan, seperti kegiatan masak-memasak, galeri kerajinan tangan dan berbagai kegiatan UMKM lainnya.

Walinagari Duo Koto, Joni Safri, mengatakan, atas nama pemerintahan Nagari Duo Koto serta masyarakat mengucapkan Terima kasih kepada Perpustakaan Nasional RI yang akan mengucurkan bantuan untuk perpustakaan nagari, Juga kepada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumbar dan Kabupaten Agam yang selama ini telah membina Perpustakaan Nagari Rumah Pintar Tunas Muda ini.

“Semoga kegiatan ini bisa menambahkan minat baca masyarakat Nagari Duo Koto khususnya dan masyarakat Tanjung Raya umumnya,” ujar Joni Safri mengakhiri. (Edy/Wb2kt)

banner 468x60

Related Posts