Momen Dies Natalis 61,Unand Bakal Terapkan Science Techno Park

 Sumbar

received_1873468272665096

Padang – Universitas Andalah Padang genap berusia 61 tahun, ditandai dengan perayaan Dies Natalis kampus tersebut pada 13 September di Convention Hall Unand Limau Manis Padang.

Diusia nya yang sudah lebih dari setengah abad, seluruh civitas akademika Unand bertekad untuk lebih meningkatkan intensitas riset penelitian, serta menerapkan aplikasi di tengah masyarakat. Salah satunya dengan berencana menerapkan Science Techno Park.

Rektor Universitas Andalas (Unand) Padang Prof Tafdil Husni mengakui,apa yang telah dicapai Unand hingga bisa berdiri kokoh sampai usia sekarang merupakan buah kerja keras semua pihak.

“Meski saat ini secara klaster Unand telah di atas, namun aplikasi kepada masyarakat masih belum optimal. Oleh karena itu dibutuhkan penguatan,” ujarnya usai sidang terbuka perayaan Dies Natalis Unand.

Lebih lanjut Tafdil menyebutkan, salah satu upaya mewujudkan itu dengan mendorong dosen untuk melakukan penelitian yang berkualitas. Disamping itu juga mencarikan peluang dosen peneliti dalam penyediaan dana penelitian atau jurnal bereputasi.

“Momen HUT ini juga akan ditingkatkan fasilitas yang memudahkan penelitian maupun hilirisasinya. Salah satunya yakni tengah merancang “Science Techno Park” atau taman ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai fasilitas bagi peneliti dalam mengembangkan karyanya bahkan pemasarannya,”paparnya.

Menurutnya Science Techno Park sebagai wadah dosen atau mahasiswa peneliti lebih serius dalam mengembangkan suatu produk. Kedepan baik secara sumber daya dan kelembagaan telah siap menyalurkan sekaligus mengkomersialisasikan produk kepada masyarakat atau perusahaan.

“Direncanakan science techno park akan dibangun pada 2018, dan diharapkan menjadi pecontohan pusat Iptek di Sumbar,”pungkasnya.

Berbagai Kegiatan Sambut Dies Natalis Unand

Sementara itu Ketua Penyelenggara Dies Natalis Unand ke-61 Prof James Hellyward menyebutkan ulang tahun Unand ini terdiri dari beberapa kegiatan antara lain kejuaraan tenis alumni antara perguruan tinggi se-indonesia.

Kemudian kegiatan Unand bersyukur, seminar nasional, jalan santai, penanaman pohon dan puncaknya pada 23 September 2017.

Tujuannya meningkatkan kekompakan di antara civitas akademika sekaligus meningkatkan kualitas kinerja dalam mewujudkan tujuan kemajuan bersama kampus. (*)

 

banner 468x60

Related Posts