BWS Sumatera V Gelar Festival Danau Cimpago

 Sumbar

IMG-20190906-WA0004

Padang – Balai Wilayah Sungai Sumatera V kembali menunjukkan aksi positif untuk masyarakat Kota Padang dengan menggelar Festival Danau Cimpago, Kamis-Jumat (5-6/9). Polda Sumbar digandeng, demi menata ulang wajah kawasan tersebut dari stigma kurang bagus menjadi luar biasa.

Berbagai kegiatan dilakukan dalam festival yang baru pertama kali diadakan ini. Diantaranya melakukan penanaman bibit pohon, pembersihan danau, penyebaran bibit ikan, pendirian green garden.

Salain itu, juga dibuka stand bazar dari 17 kabupaten kota di Sumbar dan stand kontraktor BUMN maupun swasta, diadakan perlombaan serta dimerihkan oleh artis Minang.

Kapolda Sumatera Barat, Irjen Pol Fahkrizal dalam sambutannya mengatakan Danau Cimpago yang sudah bersih bisa menjadi ikon baru Kota Padang

“Dulu Danau Cimpago sangat kotor, orang tidak ada yang mau ke sini.Sekarang kita lihat airnya sudah bersih dan penampilannya indah,” katanya saat pembukaan Festival Danau Cimpago Kamis (8/9/2019)

Fahkrizal juga mengatakan Festival Danau Cimpago diadakan guna meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap lingkungan serta mengenalkan Danau Cimpago pada masyarakat sekitar.

“Inilah bentuk kecintaan kita terhadap Lingkungan dan mengenalkan Danau Cimpago kepada masyarakat sekitar,” kata Fahkrizal

Dengan adanya kegiatan tersebut Fahkrizal berharap Danau Cimpago bisa menjadi ikon wisata baru di Kota Padang.

Kapolda Sumbar juga menghimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan dan keindahan lingkungam Danau Cimpago, sehingga menarik pengunjung untuk mampir ke sana.

Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera V Maryadi Utama menjelaskan, kawasan Danau Cimpago terbilang strategis untuk pengembangan potensi wisata.

Selain fungsi utamanya sebagai
sistem pengendali banjir, keberadaan Taman Edukasi Bencana yang digagas oleh
BWS Sumatera V, fasilitas arena bermain anak, serta Lapau Panjang Cimpago
dapat menjadi alasan mengapa kawasan Danau Cimpago dapat dijadikan alternatif
baru wisata keluarga di Kota Padang.

Tujuan diadakannya Festival Danau Cimpago ini adalah sebagai bentuk upaya
Kementerian PUPR melalui BWS Sumatera V untuk memupuk rasa cinta kebersihan kepada masyarakat, sekaligus mensiarkan Kebudayaan masyarakat melalui peragaan berbagai macam kekhasan budaya di Sumatera Barat dan melestarikan kebudayaan Minangkabau.

Disamping itu juga memberikan hiburan yang sehat bagi masyarakat di Kawasan Danau Cimpago sekaligus memperkenalkan Danau Cimpago sebagai alternatif destinasi wisata keluarga yang baru di Kota Padang.(ridho)

banner 468x60

Related Posts