CSR PT Semen Padang, Jadikan UKM Poros Ekonomi

  • Bagikan

 

 

almadi

Oleh: Almadi

Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Semen Padang tak asing bagi warga Sumbar. Perusahaan semen pertama di Asia Tenggara itu sudah berbuat sebelum orang lain memikirkan. Jangan tanya, berapa miliar rupiah dana yang sudah dikucurkan PT Semen Padang lewat CSR untuk membangkitkan ekonomi masyarakat lewat UKM nya.

Sejak pabrik ini berdiri tanggal 18 maret 1910, sudah tak terhitung sumbangsih yang diberikan kepada masyarakat Sumatera Barat terutama sekitar ring satu. Dari sisi ekonomi, kesehatan dan pendidikan. Semuanya sudah terbukti. Wajar, CSR PT Semen Padang sebagai percontohan nasional. Dan tiap tahun selalu diberi penghargaan oleh pihak yang berkompenten.

CSR PT Semen Padang boleh dikatakan terbaik. Kenapa, setiap mengucurkan bantuan dana UKM (Usaha Kecil dan Menengah) tidak dilepas begitu saja. Pengusaha kecil diberi pelatihan manajemen mengelola usaha. Artinya, bukan diberikan bantuan semata. Namun, setiap usaha yang dijalani terus dipantau perkembangannya. Kemudian soal pemasaran produk juga dibantu dengan mengikuti pameran berkelas nasional mau pun internasional.

Mungkin banyak yang belum tahu sejak kapan CSR PT Semen Padang ini bergulir. Tahun 1986, sebelum pemerintah melahirkan program CSR. Perusahan semen urang awak telah berkiprah membantu perekonomian masyarakat dengan nama Bapak Angkat Industri Kecil (BAIK).

Program BAIK (Bapak Angkat Industri Kecil), adalah tumpuan masyakarat untuk mengangkat ekonominya. Lembaga tersebut bentuk kepedulian PT Semen Padang terhadap masyarakat guna mendorong penguatan ekonominya. Dengan melakukan pembinaan UKM. Dimulai pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM). Peningkatan kualitas produk, volume produksi, manajemen usaha dan perkuatan modal bentuk memberi pinjaman lunak. Ekonomi masyarakat meningkat pesat.

Jadi jangan heran, sejak tahun 1986 sampai sekarang sudah ribuan jenis UKM dibina melalui pinjaman lunak oleh PT Semen Padang. Bahkan, banyak yang telah sukses menjalankan usahanya. Besarnya jumlah UKM yang dibina CSR Semen Padang secara tak langsung telah menjadikan UKM sebagai poros ekonomi bagi masyarakat golongan ekonomi menengah ke bawah.Karena banyaknya terserap tenaga kerja diberbagai sektor industri kecil dan menengah.

Begitu krisis ekonomi melanda Indonesia tahun 1997-1998, sebaliknya UKM makin kokoh. Sekokoh batu karang dan tak terpengaruh dengan krisis menghancurkan sejumlah ekonomi dunia. Kekuatan UKM rupanya sangat dahsyat sebagai pondasi perekonomian nasional. Artinya, UKM yang dibina CSR Semen Padang dapat bertahan dari hantaman badai kerisis.

Sedangkan program pendidikan, CSR Semen Padang tiap tahun selalu menyalurkan  bantuan berupa bea siswa bagi anak-anak berprestasi kurang mampu. Mulai dari Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi. Perhatian pada dunia pendidikan itu diberi apresiasi oleh Kepala Dinas Pendidikan Sumbar dan Kota Padang. Sebab, bantuan tersebut tidak pernah putus tiap tahun demi membangun pendidikan Ranah Minang.

Kemudian program bidang kesehatan, CSR Semen Padang selalu memperhatikan warga sekitarnya. Bahkan, bagi keluarga yang kurang mampu mereka digratiskan sunatan massal yang diikuti ratusan anak-anak di Kota Padang. Program ini sangat berarti bagi rakyat kecil. Tak heran, bila libur sekolah bocah-bocah dengan wajah ceria menunggu antrian hendak disunat di Rumah Sakit Semen Padang Hospital.

Selain itu program lingkungan dan keagamaan, CSR Semen Padang selalu terdepan. Begitu ada daerah kena bencana alam. (TRC) Tim Reaksi Cepat langsung bergerak kelokasi bencana memberi bantuan yang diperlukan warga setempat. TRC tersebut dilatih secara profesional untuk menghadapi bencana di tanah air.

TRC Semen Padang pernah turun pada bencana alam tsunami Aceh, gempa bumi di Sulewesi dan banjir yang terjadi di Sumatera Barat. Kehadirannya sangat terasa oleh penduduk yang ditimpa kemalangan.

Sedangkan program agama, CSR Semen Padang tidak pernah menolak jika ada masyarakat mengajukan bantuan pembangunan Masjid atau Mushala. Bantuan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan yang diminta. Bahkan, selama bulan suci Ramadhan Komisaris dan Direksi PT Semen Padang melakukan kunjungan safari Ramadhan pada Masjid setempat. Mereka mendengar keluhan masyarakat sekitar dan mencarikan solusinya jika ada persoalan.

Artinya, pada bulan suci Komisaris dan Direksi PT Semen Padang turun gunung,  guna menjalin silaturahim dengan warga sekitarnya. Tradisi tersebut terus bertahan sampai saat ini. Karena dengan jalinan silahturahim mereka selalu mendoakan perusahaan semen urang awak ini tetap maju. (***)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan