Anak Nagari Lubuk Kilangan Tunggu Realisasi Kesepakatan Dengan PT SP

 Sumbarshot

IMG_20180202_093653

Padang- Permasalahan antara anak nagari Lubuk Kilangan dengan PT. Semen Padang dan PT. Semen Indonesia untuk sementara menemukan titik temu.

Hal itu dibuktikan dengan surat kesepakatan yang dibuat di Kementrian BUMN Jakarta tersebut diumumkan oleh pihak Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lubuk Kilangan (Luki) melalui konfrensi pers, Jumat (2/2/18)

Menurut Ketua KAN Basri Dt Rajo Usali, kesepakatan ini akhirnya terlaksana berkat di fasilitasi oleh Anggota DPR RI Refrizal dan putra daerah Sumbar Andre Rosiade di Jakarta.

“Alhamdulillah berkat bantuan yang difasilitasi oleh Pak Refrizal (Anggota DPR RI) dan Andre Rosiade (Putra daerah Minang) akhirnya tuntutan kita diakomodir oleh PT. Semen Indonesia dan PT Semen Padang” ujarnya pada saat memberikan keterangan di depan wartawan dan warga masyarakat Lubuk Kilangan.

Di saat yang sama salah satu tokoh masyarakat Luki Kamaruzzaman juga menyampaikan, ini baru tahap kesepakatan. Tinggal menunggu aplikasi dari pihak perusahaan

“Untuk tuntutan mengenai kompensasi terhadap batu kapur yang digunakan sebagai bahan baku semen akan dilakukan pembentukan tim khusus untuk mengkaji semua aspek hukum dan administrasi di Kementrian BUMN, paling lambat tim ini dibentuk 2 minggu dari sekarang” ungkap Kamaruzaman yang yang juga menjadi kepala sekolah di sebuah SMK di Kota Padang.

Tokoh Masyarakat Luki Verry Mulyadi Rajo Batuah mengapresiasi kesepakatan yang sudah dibuat. Semoga saja bisa terealisasi kesepatakan itu.

“Kami warga luki berterima kasih kepada Kementrian BUMN, Semen Indonesia, Semen Padang yang telah mengakomodasi tuntutan warga”. Kata pria yang juga menjabat Eksekutif Komite PSSI Pusat.

Terkait tuntutan yang telah disampaikan oleh Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lubuk Kilangan sebelumnya, maka disepakati beberapa hal sebagai berikut:

a. Tuntutan poin di dalam surat KAN Lubuk Kilangan No. 018/KAN-LK/X.II. 2017 tertanggal 16 Desember 2017 dan No. 02/KAN-LK/I/2018 tertanggal 8 Januari 2018 (sebagaimana terlampir) akan dicarikan legalisasi hukumnya dengan melibatkan pihak-pihak yang berwenang sperti KPK, Kejaksaan ataupun lembaga lainnya agar tidak melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan dan mengikuti praktek-praktek bisnis yang wajar dan berlaku umum.

Untuk itu dalam waktu paling lama 2 (dua) minggu dari sekarang akan dibentuk Tim Khusus yang terdiri dari perwakilan PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk, PT. Semen Padang dan KAN Lubuk KIlangan untuk menindaklanjuti.

b. Pertemuan menyetujui untuk mengutamakan Perusahaan Anak Nagari Lubuk KIlangan yang sudah menjadi rekanan di PT Semen Padang untuk mendapatkan pekerjaan-pekerjaan yang ada di PT Semen Padang sepanjang memenuhi ketentuan dan persyaratan yang berlaku serta memiliki integritas baik.

c. Pertemuan menyetujui penerimaan Staff dan Karyawan PT Semen Padang yang mengutamakan Anak Nagari Lubuk Kilangan, sepanjang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh PT Semen Padang

d. Semen Padang akan mengangkat pejabat penasehat Direksi yang direkomendasikan oleh KAN Lubuk KIlangan yang bertugas untuk menjembatani pengelolaan masyarakat lingkungan sekitarnya. Jabatan tersebut akan berakhir setelah diangkatnya anggota dewan komisaris yang direkomendasikan oleh KAN Lubuk Kilangan dalam RUPS akan datang.

e. Semen Indonesia (Persero) Tbk berkomitmen untuk mengusulkan kepada Menteri BUMN agar susunan dewan Komisaris PT Semen Padang terdapat wakil yang direkomasikan oleh KAN Lubuk Kilangan dengan memperhatikan ketentuan butir d. (Ridho)

banner 468x60

Related Posts