PPS Talago Biru Indonesia Mulai Mendunia

 Olahraga

Salah Satu Penampilan Anggota Silek Talago Biru pada Ajang Silaturrahim Akbar PPS Talago Biru Indonesia

Perguruan Pencak Silat (PPS) Talago Biru Indonesia, mulai mendunia. Perguruan beladiri Minang Kabau ini ternyata diminati oleh berbagai bangsa di belahan bumi ini, seperti Mesir dan Afrika.

Belum lama ini, PPS Talago Biru laksanakan Alek Silaturrahmi Akbar, Minggu, (02/07), di Aula SMKN 1 Tanjung Raya. Perguruan yang hampir mencapai usia Kepala 3 yang didirikan Afrizal Can Sutan Rajo Mudo ini merupakan perguruan Silek Minang Aliran Taralak.

Hingga tahun 2017, telah berdiri banyak cabang perguruan Talago Biru Indonesia di sumatera dan Jawa bahkan hingga ke Mesir di Benua Afrika. Afrizal Can yang sekaligus Guru Tuo perguruan mengungkapkan rasa Syukur atas eksistensi Perguruan yang kian hari kian memberi kontribusi positif terhadap pembangunan manusia Minang dan Manusia Indonesia seutuhnya.

Sebab, perguruan Talago Biru Indonesia, kata Afrizal Can, bukan bertujuan untuk membentuk jagoan atau pandeka semata. Namun lebih dari itu, ilmu silek yang ia ajarkan bertujuan untuk mendidik anak kemenakan generasi muda untuk menjadi insan yang kuat fisiknya serta teguh iman dan keyakinannya kepada Allah SWT.

“Lahia Silek Mancari Kawan, Batin silek mandakekkan diri kapado Tuhan” (Zahir silat mencari Kawan, Batin Silat mendekatkan diri kepada Tuhan) dengan motto “Luruih, Bana, Saba, Lillah” (Lurus, Benar, Sabar dan Ikhlas Karena Allah),” jelasnya.

Pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan pengukuhan 32 orang Guru Utama PPS Talago Biru Indonesia oleh Guru Tuo yang disaksikan Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria, ST, MT, Pengurus IPSI Sumbar, Pengurus IPSI Agam, Camat Tanjung Raya, Walinagari serta Tuo-tuo Silek dari Salingka Danua Maninjau. Selain Guru Utama, juga dilantik 47 orang Tingkek Guru serta Pendekar Madya.

Wabup Agam Trinda Farhan Satria, ST, MT dalam sambutannya menyampaikan dukungan dan terima kasih kepada PPS Talago Biru Indonesia terutama kepada Uda Afrizal Can selaku Pendiri sekaligus Guru Tuo di Talago Biru Indonesia karena telah memberi kontribusi nyata terhadap perwujudan Visi Nagari Madani di Kabupaten Agam, pujinya.

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Fajrin menginformasikan bahwa pada kegiatan Akbar kali ini turut hadir seluruh Pengurus Wilayah Talago Biru Indonesia dari seluruh Komwil yang ada. “Mulai dari Wilayah Sumbar, Riau, Kepri, Jambi, Sumut, Sumsel, Lampung, Jabodetabek bahkan juga ada dari Cabang Mesir,” jelasnya. (Alwi/eDY)

banner 468x60

Related Posts