Kadispora Sumbar Tabuh Pordida Gulat

 Olahraga

IMG-20181002-WA0030

PADANG – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumbar, Adib Alfikri membuka secara langsung Pekan Olahraga Beladiri (Pordida) cabang gulat di Gedung Beladiri KONI Sumbar, Selasa (2/10).

Dalam sambutanya, Adib mengatakan gulat merupakan salah satu olahraga andalan Sumatra Barat untuk meraih prestasi di kancah nasional, maka dari itu tidak salah Dispora memasukan cabang olahraga asal Yunani ini dari sepuluh cabang beladiri yang dipertandingkan di Pordida 2018.

“Harapan kita tentunya dengan kegiatan ini akan lahir bibit-bibit pegulat masa depan Sumbar yang dipersiapkan untuk membela Tuah Sakato di pentas nasional maupun di ajang internasional nantinya,” ujar mantan Ketua KNPI Sumbar ini.

Dia menambahkan, selain sebagai ajang pencarian bibit pegulat Pordida juga sebagai ajang persiapan atlet untuk mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di Padang Pariaman mendatang.

“Kita sangat menyayangkan bagi kabupatan dan kota yang tidak mengirimkan atletnya pada Pordida ini, karena kejuaraan ini juga sebagai ajang persiapan atlet untuk mengikuti Porprov ke XV nanti,” ulasnya.

Sementara itu Ketua KONI Sumbar, Syaiful mengapresiasi Dispora Sumbar atas pelaksanaan Pordida cabang gulat ini, tidak saja sebagai ajang persiapan atlet untuk mengikuti kejuaraan junior dan mengikuti Porprov, namun juga sebagai pencarian bibit atlet gulat yang akan dipersiapkan membela Sumbar di iven nasional.

“Tentunya dengan adanya kejuaraan ini KONI Sumbar sangat terbantu, selain pencarian bibit atlet gulat mereka juga dipersiapkan untuk mengikuti kejuaraan junior dan persiapan Sumbar untuk mengikuti Pra PON,” ujar Syaiful.

Ketua Pelaksana Kasi Olahraga Prestasi dan Tenaga Keolahragaan, Elvis Martin dalam laporanya mengatakan, tujuan dari kegiatan ini untuk memantau atlet yang akan dipersiapkan untuk menghadapi kejuaraan junior, Popnas di Papua 2019 mendatang.

“Pordida diikuti oleh 171 atlet gulat dari 13 kab dan kota se Sumbar minus Mentawai, Payakumbuh, Pessel, Sijunjung, Pasaman dan Tanahdatar. Sementara nomor yang dipertandingkan ada empat nomor, gaya bebas putra usia maksimal 15 tahun, gaya bebas usia 17 tahun, gaya bebas putri usia maksimal 26 tahun dan gaya grego usia 18-24 tahun,” ujar Elvis.

Dia menambahkan, Dispora juga menyediakan reward bagi juara umum I sebesar 10 juta, juara dua 7,5 juta dan juara 3 sejumlah 3,75 juta.(ridho)

banner 468x60

Related Posts