Insan PTSP Diharapkan Jadi “Brand Ambassador Implementasi AKHLAK”

 Uncategorized

 

 

akhlak

 

Padang-Seluruh insan PT Semen Padang dan Semen Indonesia Group diharapkan bisa menjadi “brand ambassador” atau wakil perusahaan dalam pengimplementasian nilai-nilai inti (core values) AKHLAK.

“Terkait dengan AKHLAK ini saya jadi teringat dengan do’a saat bercermin, yaitu Ya Allah, (sebagaimana) Engkau membaguskan rupaku, baguskanlah pula akhlakku. Cermin itu adalah sesuatu yang bisa kita lihat dan orang lain bisa melihat kita. Bagi saya bagaimana kita semua dapat menjadi cermin atau ‘brand ambasador’ berkaitan dengan penerapan AKHLAK. Dalam perilaku sehari-sehari, kita adalah orang yang berakhlak bukan hanya secara akronim namun akhlak secara harafiah,” kata Direktur Keuangan PT Semen Padang Tubagus Muhammad Dharury, pada acara Internalisasi core values AKHLAK yang dilaksanakan secara virtual, Jumat (20/11/2020).

Kementerian BUMN telah menetapkan AKHLAK sebagai nilai-nilai utama/inti yang menjadi budaya perusahaan dan menjadi dasar pembentukan karakter talenta di seluruh lingkungan BUMN. AKHLAK yang merupakan akronim dari Amanah, Kompeten, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif, dirumuskan oleh Kementerian BUMN melalui pendekatan top down dengan core values yang ada di perusahaan BUMN (bottom up).

Pada Internalisasi core values AKHLAK itu tampil sebagai pembicara, Tubagus Muhammad Dharury, (Direktur Keuangan PT Semen Padang) dan Retno Sulistijowati (Direktur PT Industri Kemasan Semen Gresik) dengan moderator Andayani Jopseph. Juga Direktur SDM & Hukum SIG Tina T Kemala Intan.

Pada kesempatan itu, Tubagus juga menyampaikan bahwa nilai-nail AKHLAK dapat menjadi pemersatu bagi BUMN. “Masing-masing BUMN memiliki kekhasan sendiri. Ada kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. BUMN telah dibagi menjadi kluster-kluster. Salah satunya, kluster pembagunan dan infratruktur dimana perusahaan semen, dan BUMN Karya, serta konsultan karya ada di dalamnya. Mereka telah berkolaborasi menjadi sebuah keunggulan untuk pembangunan infrasruktur,” kata Tubagus.

Dalam penerapan AKHLAK di lingkungan perusahaan, Tubagus menekankan, bahwa seorang leader mesti menjadi contoh yang baik bagi bawahannya. “Mari ajak karyawan yang satu bagian dengan kita, dengan menjadi panutan bagi mereka,” kata Tubagus.

Berkaitan dengan nilai-nilai Amanah, Tubagus menyampaikan bahwa semua yang diamanahkan itu akan dipertanggungjawabkan di akhirat kelak.

“Setiap rupiah yang dihasilkan akan dipertanggungjawabkan kepada Allah. Oleh karena itu, kita harus berusaha sebaik mungkin menjalankan amanah, karena perbuatan kita senantiasa diawasi oleh Allah Swt,” ulasnya.

Direktur PT Industri Kemasan Semen Gresik Retno Sulistijowati mengungkapkan bahwa penerapan core values AKHLAK sangat bermanfaat di lingkungan PT Industri Kemasan Semen Gresik IKSG. Menjawab pertanyaan salah seorang karyawan terkait ada yang masih belum menerapkan AKHLAK dengan baik, Retno menekankan bahwa harus terus diberikan pemahaman dan internalisasi. Sehingga pada akhirnya, semua akan faham, apa dampaknya AKHLAK dalam bekerja.

“Dampaknya, ada di perusahaan yang menjadi sawah ladang kita. Kalau kita bekerja bagus, kinerja perusahaan akan bagus,” jelasnya. Direktur Hukum SIG Tina Direktur SDM & Hukum SIG Tina T Kemala Intan mengungkapkan, dari survei penerapan AKHLAK di lingkungan SIG diketahui bahwa nilai Harmonis dan Kolaboratis merupakan yang paling tinggi. “Saat ini dan ke depannya, kita akan lebih mengedepankan penilaian yang berbasis kinerja. Yakni bagaimana menghargai karyawan, dan karyawan memiliki peluang karier dan kesejahteraan yang baik,” katanya.

Potensi dan kompetensi ke depan akan diukur salah satunya melalui AKHLAK. “Mau tak mau, teman-teman tidak hanya faham tapi bisa mempraktekkan AKHLAK. Tahun ini kita bergerak, karyawan tahu dulu kondisinya. Untuk itu para leader, diharapkan juga bisa mengedukasi, faham dan mempraktekkan AKHLAK,” ujar Tina. Ia berharap para leader bisa jadi contoh.

“Karyawan tidak melihat apa yang dikatakan, namun apa yang diakukan atasan. “Kini tahap mengerti dulu. Mudah-mudahan para leader bisa melatih terus pemahanan dalam berperilaku. Tanpa kita sadari lama-lama bisa melekat pada perilaku kita. Bisa membiasakan,” tambahnya. Seperti diketahui, Kementerian BUMN menetapkan core value AKHLAK sebagai salah satu strategi transformasi Human Capital Kementerian BUMN guna meningkatkan daya saing BUMN menjadi pemain global, serta menjadikan BUMN sebagai pabrik talenta.

AKHLAK itu masing-masing Amanah (peduli, keberagaman). Kompeten (profesional, fokus pelanggan, pelayanan memuaskan, unggul, excellence, smart). Amanah (integritas, terpercaya, bertanggung jawab, komitmen, akuntabilitas, jujur, disiplin). Loyal (komitmen, dedikasi (rela berkorban), kontribusi). Adaptif (inovatif, agil, adaptif).

Kolaboratif (kerjasama, sinergi) Sebagai bagian dari perusahaan BUMN, Semen Indonesia Group mewajibkan seluruh karyawan di lingkungan Semen Indonesia Group untuk menetapkan AKHLAK ke dalam perilaku kerja sehari hari. (almadi)

banner 468x60

Related Posts