Bergairahnya Generasi Berencana (Genre) se Sumatera Barat

 Profil

genre

Padang – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mendirikan Pusat Informasi dan Konsultasi (PIK) Remaja dan Mahasiswa tahun 2013. Kepala BKKBN Pusat Prof Fasli Djalal lah yang mencetuskan ide pembentukan PIK dimaksud, dengan tagline “Salam Genre, generasi sehat, cerdas, dan ceria”

Genre dimaksud disini adalah generasi berencana. Dibentuknya Genre ini dengan harapan dapat mensosialisasikan program yang ada di BKKBN kepada lingkungan sekitar. Disamping itu juga dapat lebih mengaktualisasikan diri untuk berkreatifitas dengan sesama generasi muda di komunitas PIK Remaja dan Mahasiswa

Kreatifitas positif dari anak-anak muda potensial ini tentu disalurkan. Tujuannya agar mereka yang memiliki energi berlebih ini terhindar dari bahaya penyalahgunaan narkoba, seks bebas,serta resiko tertular terhadap virus HIV/Aids.

Mereka ditargetkan dapat memiliki tingkat kemandirian tinggi, mampu berinovasi, serta punya idealisme untuk menjadi remaja yang tangguh. Diharapkan, mereka bisa menyelesaikan pendidikan dengan baik. Mereka diharapkan tidak terpengaruh seks bebas, pernikahan dini yang dikhawatirkan bisa menghambat pendidikan dan kelanjutan karir mahasiwa tersebut.

Di Sumatera Barat sejak BKKBN Perwakilan Sumbar dipimpin H Nofrijal, kreatifitas dari Genre ini diberikan ruang sebebas-bebasnya. Baik itu dari segi moril maupun materiil.

Apapun yang mereka ingin buat kegiatan, BKKBN Sumbar berikan suport penuh. Sehingga karya mereka tidak terhalang. Seperti kegiatan pemilihan Duta Mahasiswa Genre se Sumatera Barat, kegiatan Genre Goes to School, dan lain sebagainya.

Tak hanya di Genre binaan BKKBN Sumbar yang tengah bergairah dengan berbagai program dan kegiatan yang dijalani, gairah ini pun juga menular ke seluruh kabupaten dan kota.

Buktinya saja, setiap ada kegiatan yang berkaitan dengan BKKBN, Generasi berencana ini selalu menampilkan bakat yang mereka miliki pada acara tersebut. Hadirin yang menyaksikan pun dibuat terpukau dengan suguhan tampilan dari anak muda potensial ini.

Kedepan hendaknya gairah yang ada pada Generasi Berencana ini diharapkan tidak memudar. Karena mereka lah yang menjadi garda terdepan untuk menangkal semua virus perilaku menyimpang yang saat ini marak di kalangan generasi muda Ranah Minang.

banner 468x60

Related Posts