Wartawan Senior Wafat | Selamat Jalan Mak Iwan DN

  • Bagikan

mak-wanInnalillaahi wa Inna Ilaihi Rooji’uun, berita duka menyelimuti Kota Padangpanjang, Kabupaten Tanah Datar dan Sumatera Barat, saat tersiar kabar wafatnya wartawan senior H. Nusirwan DN Dt Simarajo, Selasa 25/10 pukul 22:40 wib di Semen Padang Hospital (SPH) Padang, setelah menjalani perawatan seminggu lebih, sebelumnya almarhum juga dirawat di RSUD Kota Padangpanjang.

Mak Wan, demikian almarhum akrab disapa, lebih dari separuh hidupnya menjalani aktifitas dunia jurnalistik dan mengabdikan diri di surat kabar Haluan 39 tahun 4 bulan, sejak tahun 70-an, bahkan sekembali berobat di Malaka, almarhum masih menyempatkan diri menulis karya tulisnya, namun beberapa hari kemudian, mantan anggota DPRD Kabupaten Tanah atar ini kondisinya mulai menurun dan dirawat di RSUD Kota Padangpanjang, lebih kurang seminggu kemudian dirujuk ke SPH Padang.

“Kita sangat kehilangan dan berduka atas kepergian almarhum, beliau meninggal dengan peninggalannya, karena begitu banyak kenangan yang ditinggalkan beliau, tidak saja dikalangan wartawan, dilingkungan pemerintahan, pengusaha, masyarakat, organisasi dan banyak lagi,” ungkap Ketua PWI Kota Padangpanjang Syamsoedarman usai melayat kerumah duka di Gunuang Rajo Batipuah Kabupaten Tanahdatar Rabu,26/10.

Ditambahkan Syamsoedarman, di PWI Kota Padangpanjang almarhum adalah penasehat dan aktif diberbagai organisasi lainnya, terbukti banyaknya rekan sejawat yang menghadiri acara pemakaman dan melayat sejak mendapat kabar kepergiannya, almarhum mudah bergaul dan tidak memilih dalam kesehariannya.

“Saat di rawat di Padangpanjang, kami bersama rekan-rekan jurnalis Padangpanjang, hampir setiap hari mengunjungi beliau, memberi motivasi agar beliau kuat melawan penyakitnya, sekarang beliau telah pergi meninggalkan kita semua, semoga Allah SWT menerima segala amal ibadah almarhum, dilapangkan kuburnya dan ditempatkan disisiNya yang mulia,” tambah Syamsoedarman.

Wafat di usia 66 tahun, almarhum meninggalkan satu orang istri dan lima orang anak, bergelar Datuak Simarajo, semasa hidupnya almarhum memiliki perhatian sangat kuat untuk kemajuan nagari di Padangpanjang Batipuah X Koto, membangun komunikasi yang baik dengan semua kalangan bahkan perantau, membuat almarhum menjadi seorang sosok panutan yang sulit untuk dilupakan.

Almarhum dimakamkan Rabu, 26/10 di makam keluarga Ladang Laweh Batipuah KabupatenTanahdatar, hadir melayat Walikota Hendri Arnis, Wakil Walikota Mawardi, Kapolres Padangpanjang AKBP. Cepi Noval, anggota DPRD Padangpanjang, Anggota DPR-RI Komisi IX yang juga mantan Walikota Padangpanjang Suir Syam, kepala SKPD Padangpanjang, Bupati Tanahdatar dan Wakil Bupati Tanahdatar, usai pemakaman dilanjutkan menggilir gelar Dt Simarajo ke salah seorang kemenakan almarhum. (In)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan