Walikota Fremantle Australia Kunjungi PT Semen Padang

  • Bagikan

PADANG – Walikota Fremantle, Australia DR. Brad Pettitt bersama rombongan dari Regional Director IDBC Australia melakukan kunjungan ke PT Semen Padang, Selasa (2/5/2017). Kedatangan rombongan Walikota Fremantle ke perusahaan semen pertama di Indonesia itu sebagai rangkaian kunjungan ke Kota Padang yang sebelumnya telah membina kerjasama (Friendship City) selama 21 tahun dengan kota yang berada di pantai barat Australia tersebut.

“Saya sangat tersentuh atas keramahtamahan dan hidangan sangat lezat, serta informasi yang disajikan  sehingga kami menjadi lebih mengenal Semen Padang,” kata DR. Brad Pettitt, mengawali sambutan di Wisma Indarung Semen Padang. Dari PT Semen Padang tampak hadir, Direktur Utama, Benny Wendry, Direktur Produksi, Indrieffouny Indra, Direktur Keuangan, Tri Hartono Rianto, dan jajaran Staf.

Sebelum ke Semen Padang, delegasi dari Fremantle telah melakukan pembicaraan dengan Walikota Padang, terkait kerjasama dalam tiga bidang, yakni perdagangan, pariwisata dan pendidikan. Kerjasama di bidang  perdagangan dengan tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi kedua pihak. Kemudian pariwisata, kedua kota sama sama berada di pesisir pantai, yang sangat mendukung kerjasama pariwisata dengan kedatangan para surfer dari Australia.  

“Padang sudah menjadi kota persahabatan dengan Fremantle selama 21 tahun. Saya berharap 20 tahun mendatang, kerjasama menjadi semakin kuat,” tambahnya.

DR. Brad Pettitt yang menjadi Walikota Fremantle selama dua periode sejak 2009,  mengatakan, sebagaimana Padang, Fremantle juga  kota pelabuhan satu-satunya di Australia Barat yang melayani 700 ribu kontainer setiap harinya.

Terkait Semen Padang, dia berharap ekspor Semen Padang bisa semakin meningkat ke Australia, dengan jarak yang lebih dekat. Selain itu, salah satu kerjasama yang lebih riil yang bisa diwujudkan adalah,   perumahan murah yang selama ini tidak hanya menjadi masalah bagi Indonesia tapi juga Australia, dan semua negara. Dalam hal ini, Semen Padang  bisa bekerjasama untuk mencari produk tepat untuk mendukung program ini.

“Dalam dua hari ini kami akan membicarakan kerjasama yang konkrit dengan Walikota Padang sebelum kembali ke Australia,”pungkasnya.

Dirut PT Semen Padang Benny Wendry sebelumnya mengatakan,  PT Semen Padang sejak Februari 2017 telah membuka pasar ekspor ke Australia,  selain juga melayani pasar negara-negara Asia, seperti Srilangka, Banglades, Filipina, dan Maldives.

 Tampak hadir Astrid Vasile, Regional Director IDBC Australia, dan rombongan pejabat dan pengusaha dari Australia lainnya.

Kunjungan delegasi Fremantle yang berlangsung dalam suasana penuh keakraban tersebut diakhiri dengan kunjungan ke pabrik PT Semen Padang. (r)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan