UPZ Baznas Semen Padang Salurkan Beasiswa Rp 1 Miliar Lebih

  • Bagikan

IMG-20180724-WA0006

Padang  – Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Baznas Semen Padang kembali menyerahkan beasiswa masuk sekolah tahun pelajaran 2018/2019. Total beasiswa yang diberikan berjumlah Rp 1,05 miliar kepada 1.382 penerima dari berbagai tingkat pendidikan.

Ketua UPZ Semen Padang Oktoweri pada acara penyerahan beasiswa secara simbolis, Senin (23/7/2018) mengatakan, beasiswa masuk sekolah ini merupakan kegiatan rutin yang diberikan kepada yang berhak menerima setiap tahun ajaran baru masuk.

“Gunakanlah dana yang diberikan untuk membayar uang sekolah anak. Jangan digunakan untuk kebutuhan lainnya yang tidak berhubungan dengan pendidikan,” pesan Oktoweri.

Walikota Padang diwakili Kepala Dinas Kota Padang Barlius mengatakan, penyerahan beasiswa masuk sekolah yang disalurkan oleh Baznas PT Semen Padang merupakan salah satu hal yang sangat membantu bagi anak didik yang membutuhkan bantuan dana.

“Pemko sangat berterima kasih kepada Semen Padang yang memiliki UPZ dengan muaranya tetap kepada masyarakat. Mari berdoa untuk kemajuan Semen Padang agar tetap bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat.

Selain itu, dana ini jangan digunakan untuk keperluan yang tidak berhubungan dengan pendidikan, misalnya untuk keperluan rumah tangga, dll,” jelasnya.

Perwakilan Baznas pusat yang dalam hal ini diwakili oleh Faisal Qasim mengatakan, ada dua kata yang menjadi motivasi hidup umat manusia, yakni bersyukur dan bersabar. “Dan beasiswa ini merupakan dua kata yg diucapkan kepada Allah SWT. Bersyukur karena dapat beasiswa dan bersabar dalam menjalani pendidikan untuk anak,” katanya.

Baznas sendiri juga memiliki program yang bermanfaat bagi masyarakat. Salah satunya juga program pendidikan untuk masyarakat. “Karena ini program pendidikan sehingga harus dimiliki dengan baik oleh Baznas. Selain itu, zakat yang dibayarkan oleh masyarakat Sumatera Barat juga akan dimanfaatkan oleh masyarakat Sumbar sendiri. Tidak akan lari ke daerah lain,” katanya.

Ia berharap dengan penyaluran ini, semakin banyak masyarakat yang terbanti dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar. “Saya berdoa semoga penerima jadi anak-anak yang sukses. Selain itu, UPZ Baznas PT Semen Padang sudah baik dalam mengelola dana zakat yang diterima dari karyawan. Ini hal yang sangat kami banggakan bagi PT Semen Padang,” tuturnya.

Ketua Pelaksana Harian UPZ Baznas Semen Padang, Muhammad Arif mengatakan Penyerahan beasiswa masuk sekolah TP 2018/2019 ini merupakan program peduli pendidikan yang tergabung dalam beberapa prdogram, diantaranya beasiswa rutin, beasiswa insidentil, rutin lembaga pendidikan, insidentil lembaga, beasiswa masuk sekolah tahun ajaran baru, kapasiti building untuk guru2 TPQ/TQA.

Untuk tingkat SD mendapat beasiswa sebesar Rp 300 ribu, untuk SMP Rp 500 ribu rupiah, untuk SMA, Rp 700, dan Perguruan Tinggi (PT) sebesar Rp 1 hingga 2 juta.

Penerima beasiswa masuk sekolah ini, sebagian besar adalah penerima baru. Ia berharap dengan adanya penyerahan beasiswa ini, juga semakin memberikan kontribusi baik bagi masyarakat.

Salah seorang orang tua murid penerima beasiswa, Darmianti mengatakan bantuan beasiswa ini sangat membantu bagi pendidikan anaknya yang duduk di bangku SMP saat sekarang ini. “Dengan suami yang hanya sebagai tukang ojek keliling, kami masih ragu akan bisa menyekolahkannya hingga perguruan tinggi ini. Dengan adanya bantuan dari UPZ PT Semen Padang ini, saya berharap bisa membantu dana pendidikan bagi anak saya,” katanya.

Ia juga berharap Semen Padang semakin baik lagi kedepannya dan bisa terus memberikan kontribusi bagi masyarakat. Dalam pemberian dana ini, akan diberikan secara bertahap kepada penerima hingga 1 Agustus 2018. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan