Tingkatkan Minat Baca, Rumah Pintar Tunas Muda Nagari Duo Koto Gelar Lapak Baca

  • Bagikan

puskel1

Untuk meningkatkan minat baca masyarakat yang ada di segenap penjuru nagari, Rumah Pintar Tunas Muda Duo Koto melakukan layanan perpustakaan keliling atau dikenal dengan lapak baca keliling. Layanan perpustakaan keliling ini dimulai di Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Tarbiah Nagari Duo Koto.

Baru saja Kepala Perpustakaan, Nova Maharani, didampingi Bidang Teknis Yoni Yulia Putra dan Bidang Layanan Yun Edya Putra, menggelar lapak baca di sekolah agama tersebut, puluhan pelajar MDA dan beberapa orang guru mereka langsung menyerbu memilih buku bacaan yang mereka sukai.

puskel2“Lapak Baca yang mulai digelar Kamis, (28/1/2021) ini, rencana akan dilanjutkan di tempat lain di Nagari Duo Koto. Minat baca masyarakat ternyata terus meningkat jika sarana dan prasarana cukup memadai,” ungkap Nova sambil tersenyum.

Lebih lanjut dikatakannya, dengan kita antarkan buku-buku kepada masyarakat, ternyata mereka cukup berminat. “Baru saja buku dibentangkan di lapak baca, anak-anak tersebut langsung menyerbu,” ujar ukhti berkacamata tersebut.

puskel3Sementara itu, Wali Nagari Duo Koto, Joni Safri mengatakan, salah satu cara yang sudah turun temurun dari zaman dahulu untuk melihat dunia adalah dengan membaca. “Tidak bisa dipungkiri, orang cerdas dan pintar-pintar dahulu dipastikan suka membaca buku,” ujarnya.

Dengan diadakannya lapak baca tersebut, kata Joni Safri, menjadi salah satu sumber ilmu bagi masyarakat yang ada di nagari, apalagi masyarakat yang haus dengan ilmu pengetahuan. Tidak hanya itu saja, keterbatasan yang dimiliki oleh masyarakat dalam membeli buku membuat minat baca semakin menurun.

puskel4“Apalagi lapak baca bisa kita buat semenarik mungkin, sehingga suasana membaca lebih santai,” tambah wali nagari muda itu. (edY)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan