Selama Semester I, UPZ Baznas PT Semen Padang Salurkan Zakat Rp4 Miliar Lebih

  • Bagikan

WhatsApp Image 2021-07-09 at 16.38.13

PADANG (9/7/2021) – Selama Januari s.d. Juni atau semester I tahun 2021, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Baznas PT Semen Padang telah menyalurkan zakat karyawan Semen Padang Group sebesar Rp4 miliar lebih kepada para mustahik (orang yang berhak menerima zakat).

Zakat yang berasal dari 2,5 persen gaji karyawan itu disalurkan melalui berbagai program zakat yang ada di UPZ Baznas PT Semen Padang. Di antaranya, peduli pendidikan, peduli kemanusiaan, peduli kesehatan, peduli ekonomi, serta program dakwah dan advokasi.

Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Oktoweri mengatakan, penyaluran zakat karyawan melalui UPZ Baznas PT Semen Padang, merupakan bentuk perhatian perusahaan dalam memudahkan karyawan menunaikan zakat kepada yang berhak menerima.

“Bagi umat Islam, zakat mal itu wajib 2,5 persen dari gaji yang diterima setiap bulannya, untuk disalurkan kepada orang yang menerima zakat agar penghasilannya berkah. Penyaluran zakat
karyawan tersebut telah berlangsung sejak 1995, atau sejak zakat karyawan dikelola oleh seksi sosial di Korpri PT.Semen Padang,” kata Oktoweri.

Kepala Pelaksana Harian UPZ Baznas PT Semen Padang Muhammad Arif mengucapkan terimakasih kepada karyawan Semen Padang Group yang selama ini, telah memberikan kepercayaan kepada UPZ Baznas PT Semen Padang untuk menghimpun dan menyalurkan zakatnya kepada para mustahik.

“Semoga Allah SWT memberi pahala atas keikhlasan karyawan Semen Padang Group yang menjadi muzakki (orang yang membayar zakat) dari harta yang dizakatkan dan menjadikan berkah serta mensucikan atas harta yang lainnya,” kata Arif.

Terkait penyaluran zakat sebesar Rp4 miliar lebih selama semester I tahun 2021, Arif menyampaikan bahwa zakat tersebut telah disalurkan kepada mustahik yang tergolong delapan asnaf yang terdiri dari fakir, miskin, amil, mualaf, fisabilillah, pemerdekaan, berhutang dan ibnu sabil.

Zakat tersebut, disalurkan melalui berbagai program, yaitu program pendidikan sebesar Rp532.006.000. Melalui program peduli kesehatan sebesar Rp114 juta lebih, peduli kemanusiaan Rp712 juta lebih, peduli ekonomi Rp814 juta lebih, program dakwah dan advokasi sebesar Rp341 juta lebih, amil atau operasional sebesar Rp381 juta lebih.

“Selain beberapa program zakat tersebut, juga ada penyaluran dana zakat karyawan dari UPZ Baznas PT Semen Padang ke Baznas Pusat sebesar Rp1,1 miliar lebih. Jumlah tersebut, 30 persen dari total zakat yang dihimpun dari karyawan setiap bulannya, yaitu sejak Januari sampai Juni,” ujarnya.

Untuk bulan Juni 2021, tambah Arif, pihaknya
juga telah menyalurkan zakat sebesar Rp643 juta lebih. Zakat ratusan juta itu, kata dia, juga disalurkan kepada asnaf delapan yang pada umumnya, merupakan para mustahik yang tinggal di ring 1 perusahaan dan Kota Padang umumnya.

Rinciannya, untuk asnaf fakir sebesar Rp58.000.000, disalurkan kepada 347 orang penerima manfaat biaya hidup rutin dan 8 orang biaya hidup non rutin yang terdiri dari faqir, jompo, janda dan cacat.

Kemudian asnaf miskin sebesar Rp177.342.500, juga telah disalurkan dalam bentuk beberapa program. Di antaranya, program Peduli Ekonomi berupa modal usaha diberikan kepada 39 orang penerima manfaat.

Selanjutnya untuk program Sosial Kemanusiaan berupa insentif, diberikan kepada kepada 9 lembaga, dan untuk 1 kepala keluarga (KK) penerima manfaat Peduli Hunian berupa perbaikan rumah dan kepada 1 (KK) korban bencana alam (kebakaran).

Sementara itu Program Kesehatan, diberikan kepada 7 orang dengan rincian, untuk bayar hutang berobat di rumah sakit dengan dibayarkan langsung ke rumah sakit, bantuan bayar tunggakan BPJS Kesehatan, dan bantuan pembelian tiket pesawat untuk pasien rujukan ke RS Harapan Kita, dan juga untuk pembelian alat bantu dengar.

“Untuk program ekonomi, dilakukan pemberdayaan dengan pembekalan kewirausahaan, serta untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan para penerima manfaat, seperti memberikan pelatihan marketing dan akuntansi praktis. Tujuannya, agar adanya kesinambungan bagi penerima manfaat,” ujarnya.

Kemudian untuk asnaf muallaf, disalurkan sebesar Rp84.100.000 dalam bentuk honor Da’I binaan UPZ Baznas PT Semen Padang yang tersebar di Kabupaten Kepulauan Mentawai dan program dakwah lainnya, serta untuk Ibnu Sabil sebesar Rp5.000.000 berupa bantuan biaya perjalanan.

“Sedangkan untuk asnaf fisabilillah sebesar Rp87.700.000, kami salurkan melalui program peduli pendidikan untuk 98 orang penerima beasiswa rutin, 27 orang beasiswa insidentil, 99 orang untuk honor rutin guru TPQ/TQA dan 38 lembaga yang meliputi program pendidikan, dakwah rutin dan non rutin,” kata Arif.
Penyaluran zakat itu, lanjut Arif, dengan penerapan Protokol Kesehatan yang ketat dan karyawan UPZ Baznas PT Semen Padang juga sudah divaksin.(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan