Program CSR Pertamina Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Melalui Budidaya Jamur

  • Bagikan

IMG-20170325-WA0015

Padang Pariaman  – Selain memberikan bantuan terhadap konservasi penyu di kota Pariaman pada tahun 2016, kegiatan CSR Pertamina MOR I dilanjutkan dengan pemberian bantuan 4 (empat) buah kubung dan 6.500 bibit jamur dengan nilai Rp 74.700.000,- (tujuh puluh empat juta tujuh ratus ribu rupiah) terhadapLembaga Pengelolaan Hutan Nagari (LPHN) Sungai Buluh Kecamatan Batang Anai, Padang Pariaman.

Budidaya Jamur ini sudah melakukan panen beberapa  kali dalam jangka waktu per empat bulannya. Panen Jamur tersebut sangat membantu ekonomi kelompok masyarakat yang dikelola oleh LPHN dan juga menambah gairah masyarakat lainnya untuk budidaya jamur iram.

Jamur tersebut sudah bisa diolah menjadi makanan seperti : Nuget, Jamur Krispy , Kue JamurTahap awal Jamur tersebut dipanen sebanyak 5 kg perhari, dan dipasarkan di wilayah Padang Pariamandan Kota Pariaman.

Pertamina DPPU Minangkabau melakukan pendampingan program untuk melihat langsung progress kemajuan dari penerima bantuan CSR. Jika kemudian ada kendala maka akan dicarikan solusi bersama.

Ketua kelompok LPHN, ADT Rajo Batuah mengatakan bahwa alhamdulilah kelompok yang dibina Pertamina mengalami kemajuan, tidak hanya menambah anggota/ (jika ada) tapi juga menularkan ilmu kepada kelompok lainnya supaya bisa mandiri.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Operation Head Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Minangkabau, Ridwan, serta Pj. Wali nagari Tamru Fauzi dan ketua LPHN Sungai Buluh ADT Rajo Batuah. Bantuan CSR budidaya jamur merupakan kelanjutan program CSR yang dilaksanakan oleh tim DPPU Minangkabau di tahun sebelumnya.

Dalam sambutannya, Ridwan mengatakan bahwa Pertamina memprioritaskan pengelolaan dan pemberdayaan masyarakat melalui program-program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan .

Operation Head DPPU Minangkabau, Ridwan mengatakan bahwa jika kelompok binaan Pertamina ini dapat mandiri, maka dapat ditularkan kepada kelompok lainnya, sehingga ekonomi masyarakat sekitar meningkat.

Pertamina selaku perusahaan energi secara terus menerus melakukan kegiatan pemenuhan energy bagi masyarakat turut serta berkontribusi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. (rel)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan