Porprov XV Ditabuh Gubernur Sumbar, 7275 Atlet Baku Hampeh Perebutkan Medali

  • Bagikan

IMG_20181120_230735

IMG_20181121_021156

Padang Pariaman – Sebanyak 7.275 atlet dan 990 pelatih dan ofisial dari 19 kabupaten dan kota se Sumatera Barat ambil bagian pada iven Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke XV di Padang Pariaman dari 19-28 November.

Pembukaan Porprov dilaksanakan oleh Gubernur Sumatera Barat Prof Irwan Prayitno sekaligus ditandai dengan penabuhan gendang tansa Ketua KONI Pusat, Gubernur Sumbar, Anggota DPD RI Leonardy Harmainy, Bupati Padang Pariaman, Rektor UNP Padang,Walikota Padang pada Senin (19/11/2018) malam.

Turut hadir pada acara yang dilaksanakan di Lapangan Sungai Sariak, Kecamatan VII Koto Kabupaten Padang Pariaman, Bupati dan Walikota se Sumbar, Forkopimda se Sumbar, Kadispora Sumbar Adib Alfikri, Ketua KONI Sumbar Syaiful, serta Ketua KONI se Sumbar.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengapresiasi kinerja KONI sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam melaksanakan Porprov rutin sekali dalam dua tahun tanpa pernah terputus.

Untuk itulah, Porprov ini diharapkan menjadi ajang peningkatan prestasi olahraga bagi setiap daerah kabupaten/kota di Sumatera Barat. Selain itu, juga menjadi evaluasi dalam pembinaan olahraga yang sudah dilakukan selama ini.

“Porprov ini diharapkan menjadi ajang prestasi untuk memantau atlet berbakat, bukan lagi hanya sekedar prestise bagi daerah agar menjadi pengumpul medali terbanyak,”jelas Irwan.

Para juara di Porprov diharapkan Irwan dapat disiapkan untuk berlaga tahun depan di Porwil se-Sumatera di Bengkulu. Selanjutnya, persiapan untuk PON di Papua tahun 2020.

“Jika tujuan Porprov ini adalah prestasi, maka akan lahir atlet berkualitas bagus. Atlet berkualitas inilah nanti yang akan mengharumkan serta menjaga marwah Sumbar dalam ajang Porwil maupun PON,”jelasnya.

Ketua KONI Pusat Tono Suratman sangat bangga dan memberikan apresiasi khusus kesiapan tuan rumah, sehingga Porprov berjalan sesuai rencana. Kemeriahan acara dan membludaknya kehadiran masyarakat menjadi bukti bahwa Porprov berhasil.

Dengan demikian, atlet yang bertanding haruslah bersungguh sungguh dalam mencapai target yang diinginkan. Apabila berhasil, tentunya atlet memiliki kesempatan untuk bertanding di Sea Games 2019 dan PON 2020 nanti.

Selain itu juga olahraga diharapkan menjadi budaya bagi masyarakat Sumbar, agar tertanam sifat sporitifitas, kejujuran, keuletan serta hal positif lainnya yang merupakan jati diri Bangsa Indonesia.

Sementara itu Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni selaku tuan rumah bertekad untuk “mambangkik batang tarandam”. Bukan saja sukses dalam penyelenggaraan, tetapi ia optimis merebut juara umum dari Kota Padang.

“Sepanjang sejarah Porprov Sumbar belum terkalahkan. Maka dari itu Padang Pariaman harus bisa menjadi juara umum Porprov pada tahun ini,”tegas Ali Mukhni.(ridho)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan