Politeknik Negeri Padang Gelar Kejuaraan Pencak Silat se Sumatera

  • Bagikan

FB_IMG_1534444233049 FB_IMG_1534397094422

Padang – Sebanyak 552 pesilat se-Sumatera ambil bagian dalam kejuaraan Piala Direktur Politeknik Negeri Padang (PNP). Iven tahunan yang digelar pada 16-19 Agustus di Gedung PKM PNP ini, mempertandingkan kelas usia dini setingkat SD, pra remaja setingkat SMP dan remaja setingkat SMA.

Bertajuk “Bersilat Sejak Dini, Kita Ciptakan Alet Berprestasi Mendunia”, kejuaraan Piala Direktur PNP ini digelar Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jawara PNP. Di mana 552 pesilat ini berasal dari 44 perguruan se- Sumatera.

“Kejuaraan ini kami adakan antar pesilat se-Sumatera. Kita hanya mempertandingkan nomor laga pada semua kelas. Pesertanya dibagi pada beberapa kelompok yaitu usia dini yaitu setingkat SD, pra remaja setingkat SMP dan remaja setingkat SMA,” ujar Koordinator Kejuaraan Efendi Rasyid yang juga pembina UKM Jawara PNP, Kamis (16/8) lalu.

Para pemenang nanti akan mendapat hadiah dari panitia. Setiap kelompoknya panitia memberikan gelar juara. “Selain itu, kami juga memberikan juara umum, setelah dilakukan akumulasi dari juara pada masing-masing kelompoknya. Kami juga menyediakan hadiah kepada yang meraih juara,” terangnya.

Efendi Rasyid menambahkan, jumlah peserta setiap tahunnya meningkat. “Pada kejuaraan sebelumnya peserta hanya berasal dari Riau, Jambi dan Sumbar. Sedangkan untuk tahun ini jumlah pesertanya bertambah dari Sumsel dan beberapa daerah lainnya,” urainya.

FB_IMG_1534444245770

Tujuan digelarnya kejuaraan ini adalah untuk menciptakan atlet silat dan mempromosikan pencak silat kepada generasi muda dan masyarakat luas.

“Kejuaraan ini juga untuk menambah motivasi anak-anak untuk berlatih silat. Dengan adanya kejuaraan seperti ini tentunya anak-anak akan termotivasi untuk berlatih,” tuturnya

Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sumbar Fauzi Bahar turut bangga dengan digelarnya kejuaraan pencak silat se Sumatera yang dilaksanakan Kampus Politeknik Negeri Padang.

Fauzi mengakui untuk menciptakan pesilat bertalenta membutuhkan jam terbang yang banyak. Dengan adanya iven kejuaraan seperti ini, membuat mental serta kemampuan atlet menjadi terasah.

“Terima kasih kepada Politeknik Negeri Padang yang sudah menyelenggarakan iven ini. Semoga tetap eksis menggelar kejuaraan ini setiap tahunnya,”pinta Fauzi.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Ketua Umum Koni Sumbar Syaiful SH MHum, Wakil Ketua Umum IPSI Sumbar Syahrial Koyal,dan Zulhardi Zakaria Latif Sekretaris Umum IPSI Sumbar.(ridho)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan