Peserta Antusias Ikuti Kursus Pelatihan Futsal Level I AFC

  • Bagikan

futsal-efraim

PADANG – Kursus pelatih futsal level 1 AFC yang diadakan di Padang, mendapat respon sangat positif dan diikuti dengan antusias oleh para peserta. Rata-rata mereka mengakui, banyak mendapatkan hal-hal baru dalam melatih futsal.

Kursus yang diikuti oleh 20 peserta dari berbagai provinsi di Indonesia, menghadirkan instruktur Efraim Ferdinand Baole, dan asistennya, Andri Irawan. Berlangsung 10-15 Oktober 2015 di Rafhely Futsal Padang.

Julinur Hafid, salah seorang peserta mengatakan, dia sangat bersemangat mengikuti pelatihan, karena apa yang diajarkan instruktur sangat detail. Ada tahapan-tahapan yang harus dilewati.

“Berbeda dengan saat kita jadi pemain, dimana kita bersifat menerima instruksi. Tapi dalam pelatihan kita dituntut bagaimana memberi instruksi dengan detail. Ini butuh pemahaman yang jelas.”katanya.

Dia juga memuji dua instruktur yang saling mengisi dan saling melengkapi, baik dalam memberikan materi yang bersifat teoritis maupun prakatek lapangan langsung. Julinur merasa beruntung, karena keduanya adalah istruktur futsal terbaik di Indonesia saat ini.

Begitupun soal fasilitas yang didapatkan selama mengikuti pelatihan sangat baik, sehingga memungkinkan semua peserta mengikuti kursus dengan lancar dan tanpa kendala.

“Instruktur terbaik, lapangan praktek yang representatif, ruang kelas yang nyaman, dan penginapan yang memadai. Tak ada keluhan sama sekali, kita bisa fokus menimba ilmu.”katanya.

Julinur adalah peserta yang berangkat dengan basic mantan pemain Timnas Futsal. Pria 28 tahun sudah malang melintang di Timnas. Ajang yang pernah diikutinya antara lain Pra Piala asia 2012, Piala Asia 2012 Dubai, AFF 2013, Asian Indoor Game Korsel 2012, SEA GAmes 2013 Mynmar.

Walau kenyang bermain di Timnas, Julinur justru belum pernah mengecap gelar Juara Liga Pro Futsal Indonesia. Prestasi terbaiknya adalah runner up. 2009 runner up bersama Biangbola, kemudian hasil serupa berturut-turut 2012 dan 2013  bersama Futsal Kota Bandung (FKB).

Soal rencananya ke depan usai mengikuti pelatihan ini, Julinur berharap bisa meujudkan impiannya meniti karir sebagai pelatih yang profesional. Sejauh ini, dia baru melatih beberapa tim sekolah dan tim mahasiswa di Bandung.

“Pastilah, suatu saat saya ingin melatih sebuah klub Liga Pro. Jika sudah punya ilmu kepelatihan yang cukup dan punya lisensi, saya kira sudah ada jalan menuju kesana.”harap Julinur.

Sementara itu, pelatihan AFC level 1 yang pertama digelar di Sumbar ini, akan berlangsung sampai Sabtu (15/10). Setiap hari peserta diberikan materi kelas pagi pukul 09.00 – 12.00 WIB. Sedangkan praktek 14.00 – 18.00 IB.

Pada hari terakhir semua peserta akan mengikuti ujian yang akan menentukan lulus atau tidak dalam pelatihan ini.(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan