Pengurus Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (PERGATSI) Sumatera Barat Resmi Dilantik, Dandim 50 Kota Ikut Serta Dalam Kepengurusan

  • Bagikan

Pengurus pergatsi sumbar 1

Lima Puluh Kota, Sumbarpost.com–Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendorong pengembang perumahan untuk tetap menyediakan fasilitas umum berupa lahan untuk sarana olahraga bagi para penghuninya. Salah satu cabang olahraga yang kini tengah dikembangkan oleh Kementerian PUPR adalah olahraga gateball.

“Saat ini ada cabang olahraga baru yang kami ingin perkenalkan kepada masyarakat yakni gateball. Kami ingin agar di setiap perumahan yang dibangun pengembang nanti disediakan lapangan gateball meskipun hanya satu lapangan saja,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid yang juga menjabat sebagai Ketua Harian Pengurus Besar Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (PB Pergatsi) mewakili Ketua Umum PB Pergatsi M Basuki Hadimuljono saat Pelantikan Pengurus Pergatsi Provinsi Sumatera Barat di Padang Convention Center, Sumatera Barat, Rabu (16/6/2021) malam.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi

Sekjen Pergatsi Puja Sumedi serta para pengurus Pergatsi Sumatera Barat. Dalam pelantikan tersebut, berdasarkan Surat Keputusan Ketua Umum PB Pergatsi, M Basuki Hadimuljono Nomor 005/PERGATSI/I-2021 tanggal 21 Januari 2021 tentang Susunan Personalia Pengurus Pergatsi Provinsi Sumatera Barat Masa Bakti 2021 – 2025 ditetapkan bahwa Ketua Umum Pergatsi Sumatera Barat adalah Ir. Fathol Bari.

Dalam susunan kepengurusan ini, Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav Ferry Lahe S.AP., M.H. ikut serta dalam kepengurusan sebagai Ketua dalam Bidang Pengembangan Daerah. Selain itu, juga terdapat Letnan Dua Inf. Edy Wahyu sebagai anggota dalam Bidang Umum dan Pemberdayaan yang diketuai oleh Adratus Septiawan, S.T., M.T. Dalam kesibukan mengontrol kegiatan TMMD/N ke 111 tahun 2021 Kodim 0306/50 Kota, Dandim tetap meluangkan waktu untuk menghadiri pelantikan yang diadakan di Padang Convention Center, Sumatera barat.

“Kami akan coba berupaya mengenalkan olahraga gateball ini kepada masyarakat. Kami yakin gateball akan meraih prestasi dan sejajar dengan cabang olahraga lain di Indonesia,” terangnya. Khalawi juga menerangkan, adanya penetapan susunan pengurus Pergatsi ini diharapkan dapat mendorong semangat masyarakat untuk lebih mengenal olahraga gateball khususnya di Provinsi Sumatera Barat. Melihat perkembangan olahraga gateball di Indonesia perlu mendapat dukungan dari semua pihak baik masyarakat termasuk para pengembang perumahan, para pengembang ke depan diharapkan juga bisa menyediakan fasilitas umum untuk masyarakat berupa lahan untuk olahraga seperti gateball ini.

“Kami harap pengurus Pergatsi baik di pusat dan daerah dapat menggandeng pengembang dari REI, Apersi, Himperra dan asosiasi perumahan lainnya agar bisa menyediakan lahan olahraga gateball di setiap kompleks perumahan yang dibangun,” tandasnya.

Saat ini, sejumlah pengembang perumahan seperti Sinar Mas dan perumahan di Alam Sutera juga telah menyediakan sarana olahraga ini. Masyarakat di kompleks perumahan di Pamulang bahkan sudah mengadakan kompetisi gateball sehingga dirinya yakin olahraga ini bisa lebih dikembangkan di masa depan.

Pengurus pergatsi sumbar 2

Khalawi menjelaskan, gateball memiliki kemiripan dengan olahraga golf namun tidak memerlukan biaya yang mahal. Olahraga yang merupakan modifikasi dari olahraga croquet ini dikembangkan pertama kali di Jepang dan mulai menyebar luas ke seluruh dunia. Ukuran lapangan, waktu, tata cara bermain pun di terangkan oleh Khalawi untuk memberikan pemahaman kepada undangan yang hadir khususnya yang belum mengetahui tentang olahraga gateball.

“Olahraga gateball adalah olahraga yang sangat murah seperti golf tapi biayanya nggak mahal dan baik untuk orang tua dan anak muda. Dengan bermain secara tim selama 30 menit otak kita jadi lebih fresh serta bagus untuk kekuatan jantung dan menghindari stroke dan pikun. Pemain gateball memerlukan strategi dalam bermain untuk memenangkan pertandingan,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menyambut baik pelantikan Pengurus Gateball Provinsi Sumatera Barat. Dirinya berharap olahraga gateball ini bisa lebih berkembang di Sumatera Barat serta menjadi alternatif olahraha bagi masyarakat terutama di masa pandemi Covid-19 ini.

“Kami harap masyarakat juga bisa menjaga kondisi tubuhnya dengan baik dengan olahraga secara teratur termasuk dengan bermain gateball ini. Namun sy juga ingatkan dalam berolahraga untuk tetap menjaga protokol kesehatan dengan baik,” katanya. (fik)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan