Nagari Niur Melambai Palangai Butuh Pengaman Tebing

  • Bagikan

Nagari Nyiur Malambai

Pessel – Untuk meningkatkan ketahanan pengamanan Pintu Muara dan Pantai Sumedang Nagari Niur Melambai  Palangai Kec. Ranah Pesisir Kab.Pesisir Selatan dari abrasi dan dampak hantaman gelombang pantai maka Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan perlu sekali melakukan penambahan pengaman tebing lebih kurang 500 meter lagi dekat lokasi Pintu Muara dan pantai Sumedang tersebut , demikian ungkap Sapen Repin,ST UPTD PSDA Wilayah VI Kec Linggo Sari Baganti dan Ranah Pesisir dilokasi tersebut kepada Sumbar Post , Jum’at ( 10/03 ) .

                    Saat ini keluhan masyarakat Nagari Niur Melambai Palangai sudah agak  mulai teratasi karena Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan secara bertahap telah menanggapi permohonan masyarakat Nagari Niur Melambai Palangai dari dampak abrasi dan gelombang pantai , terbukti untuk pengamanan Muara dan Pantai Sumedang tersebut pada Pintu Muaranya itu  telah dipasang batu jeti .

                    Pengaruh dari pekerjaan tersebut , lokasi  pantai Sumedang mulai bertambah dan hempasan ombak berangsur ketengah . Meskipun bantuan yang diberikan Pemerintah untuk meningkatkan ketahanan dari abrasi dan gelombang pasang  belum secara menyeluruh ,  namun hal tersebut sudah dapat dirasakan oleh masyarakat setempat ,  air yang datang dari hulu melalui sungai-sungai sudah bisa terarahkan pada pintu muara , tinggal lagi penambahan pengaman tebing pintu muaranya yang sangat perlu dibangun kembali , terang Sapen .

                    Menyangkut tentang sisa aksesroud yg masih belum dibersihkan oleh PT.Jaya Kencana Sarana selaku pelaksana kegiatan pengaman Muara dan Pantai Sumedang senilai Rp 4.325.500.000 tahun anggaran 2016 itu , akan menjadi tanggung jawab  yang bersangkutan untuk memberikannya didalam masa perawatannya , pangkasnya .

                    Hal yang sama juga disampaikan Darwis. Y A Walinagari Niur Melambai Palangai , untuk meningkatkan ketahanan pengamanan Muara dan Pantai Sumedang tersebut , Pemerintahan Nagari Niur Melambai Palangai telah menjadikan  usulan masyarakat tersebut sebagai skala prioritas dalam Musrenbang Nagari dan Musrenbang Kecamatan agar dapat direalisasikan oleh Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan bersama DPRD pada tahun anggaran 2017 ini .

                    Harapan itu  disampaikanya  agar lahan masyarakat dan lokasi Objek Wisata Pantai Niur Melambai Palangai yang telah mendapatkan bantuan Program PDPT dari Kementerian Kelautan tahun 2012 dan 2013 itu akan lebih aman  dari dampak abrasi dan gelombang pantai untuk masa mendatang . (Anto)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan