Minimalisir Bahaya Kebakaran UPT Damkar Padangpanjang Beri Penyuluhan

  • Bagikan

penyuluhan-damkar1

Padangpanjang- Bahaya kebakaran adalah ancaman bagi keselamatan jiwa manusia maupun harta benda, untuk memberikan informasi dan penjelasan pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran, Pemko Padangpanjang melalui Unit Pelaksana Tugas (UPT) Pemadam Kebakaran Kota Padangpanjang laksanakan penyuluhan bahaya kebakaran, bertempat diaula kantor camat Padangpanjang Timur, 15/11.

Walikota Padangpanjang melalui Asisten I Sonny Budaya Putra mengajak masyarakat untuk selalu  waspada  terhadap bahaya kebakaran di lingkungannya masing-masing, selain itu, stake holder juga harus dilibatkan dalam mencegah terjadinya kebakaran, karena semua  pihak dituntut untuk selalu mewaspadai kemungkinan terjadinya kebakaran karena dapat  terjadi  kapan dan dimana saja.

“Musibah kebakaran bisa terjadi kapan dan dimana saja untuk itu semua pihak harus selalu siap siaga untuk membantu serta mengantisipasi kemungkinan terjadinya kebakaran, diperlukan kesiapan baik itu petugas, sumber daya manusia, peralatan serta adanya dukungan dari masyarakat dalam membantu dan mengantisipasi terjadinya kebakaran, untuk itu marilah terus kita bangun kebersamaan, dalam rangka meminimalisir terjadinya kebakaran,” harap Asisten I Sonny Budaya Putra.

Disebutkan Sonny, peran satuan tugas pemadam kebakaran sangat strategis dalam pembangunan perekonomian daerah, sebagai perwujudan perlindungan bahaya kebakaran terhadap aset masyarakat, dunia usaha dan pemerintah daerah agar terhindari dari bahaya kebakaran.

“Peningkatkan kapasitas institusi pemadam kebakaran perlu mendapat perhatian dalam pengurangan resiko kebakaran, dengan mengedepankan preventif dan kegiatan mitigasi, penyuluhan, inspeksi dan penegakan hukum,” tambah Sonny.

Sementara itu Kepala UPT Pemadam Kebakaran Kota Padangpanjang Kasimin mengungkapkan, kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan selama dua hari 15-16/11 diikuti semua utusan kelurahan se Kota Padangpanjang dengan menghadirkan pemateri dari berbagai unsur.

“Dari 16 kelurahan yang ada di Kota Padangpanjang masing-masing mengutus tiga orang peserta untuk mengikuti penyuluhan ini, kita berharap dengan penyuluhan yang dilaksanakan bermanfaat bagi masing-masing kelurahan untuk mengantisipasi dan menanggulangi bahaya kebakaran di kelurahan masing-masing,” jelas Kasimin.

Kegiatan penyuluhan selama dua hari tersebut diikuti sebanyak 48 peserta utusan dari 16 kelurahan di Kota Padangpanjang, selain dihadiri Asisten I Sonny Budaya Putra, turut hadir pada kesempatan tersebut Kapolsek Kota Padangpanjang AKP. Mairijhon, Kepala BPBD Erizal, Camat Padangpanjang Timur Albert Dwitra.(In)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan