Menteri Desa PDTT Terima Buka! Award 2018

  • Bagikan

IMG-20181211-WA0053

Padang, Rakyatsumbar—Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendesa PDTT) Eko Putro Sandjojo menerima Buka! Award 2018 dari Komisi Informasi (KI) Sumatera Barat. Buka! Award 2018 wujud komitmen sang menteri dalam keterbukaan informasi publik.

“Buka! Award kami berikan sebagai bentuk apresiasi atas kerja-kerja keterbukaan informasi publik. Penilaian kami, Pak Mendesa PDTT Eko adalah tokoh yang mampu menjadikan keterbukaan informasi dana desa menjadi terang bendrang,” ujar Ketua Komisi Informasi Sumbar Syamsu Rizal.

Anugerah Buka! Award untuk Mendesa PDTT diterima Plt Dirjend Kemendes PDTU Aisyah Gamawati, mewakili Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo, pada Anugerah Keterbukaan Informasi Komisi Informasi Sumatera Barat, di Padang, Selasa (11/12) kemarin.

“Bagi kami di Kemendesa PDTT, Buka! Award yang diberikan Komisi Informasi Sumbar adalah surprise dan kami tidak menyangka. Saya ditugaskan pak menteri untuk menghadiri acara anugerah keterbukaan informasi publik Komisi Informasi Sumbar, ee surprise pemimpin kami, Pak Eko Putro Sandjojo diapresiasi Buka! Award hari ini,” ujar Aisyah didampingi Kepala Biro Humas dan Kerjasama Kemendesa PDTT Bonivasius Prasetya Ichtiarto.

Menurut Aisyah, Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo sejak 2016 telah mewanti wanti bahwa keterbukaan dan transparansi dana desa harus. Wajib hukumnya. “Dana Desa adalah dana negara dana masyarakat, maka harus dikelola secara terbuka dan transparan, itu selalu dicamkan oleh Pak Eko,” ujarnya.

Bahkan dalam pengelolaan informasi publik Kemendesa PDTT selalu maksimal, banyak lembaga pemerintah dan lembaga syawadaya masyarakat mengapresiasi kinerja Kemendesa PDTT, “Keterbukaan informasi digariskan UU 14 tahun 200i di jajaran Kemendesa PDTT tidak lips service tapi nyata,”ujarnya.

Khusus Buka! Award Komisi Informasi, anugerahnya diberikan sekali empat tahun. Sedangkan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik diberikan setiap tahun. Pada Buka! Award kali ini, selain anugerah diberikan kepada Eko Putro Sandjojo, juga diberikan kepada Menteri Dalam Negeri Thahjo Kumolo, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim dan Koalisi Masyarakat Sipil Sumatera Barat.

Terhadap Anugerah Keterbukaan Informasi, diberikan untuk 10 kategori. Kesepuluh kategori tersebut, BUMN/BUMD se-Sumatera Barat, Kabupaten/kota se-Sumbar, KPU Kabupaten/kota se-Sumbar, Nagari/desa se-Sumbar, Bawaslu Kabupaten/kota se-Sumbar, SKPD Provinsi Sumbar, SMA/SMK/MAN se-Sumbar, instansi vertikal se-Sumbar, PTN/PTS se-Sumbar, dan partai politik.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno memberikan apresiasi terhadap anugerah keterbukaan informasi publik ini. Keterbukaan informasi adalah hak azazi publik yang wajib diketahui pemanfaatannya. Apalagi menyangkut badan publik yang menggunakan uang rakyat yang bersumber dari APBD.

“Saya mengimbau setiap badan publik harus terbuka dengan apa yang dikerjakan. Hal ini tentu berbeda dengan instansi pemerintah yang wajib terbuka kepada publik,” ucapnya sembari menambahkan, setiap badan publik dari instansi pemerintahan harus terbuka juga soal keuangan. Jangan takut terbuka kalau tidak salah. (*)

Jenis: Muka! Award 2018

Diberikan Kepada:
1. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo
2. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjoko
3. Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno
4. Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim
5. Zulkifli dari koalisi masyarakat sipil yang mendorong keterbukaan informasi di Sumba

Jenis: Anugerah Keterbukaan Informasi Sumatera Barat 2018

I. Kategori BUMN/BUMD Se-Sumbar
1. BPJS Ketenagakerjaan Sumbar
2. PT. Semen Padang
3. BPJS Kesehatan Sumbar

II. Kategori Kabupaten/Kota Se-Sumbar
1. Kabupaten Pesisir Selatan
2. Kota Bukittinggi
3. Kabupaten Tanah Datar

III. Kategori KPU Kabupaten/Kota Se-Sumbar
1. KPU Kab. Pessel
2. KPU Kab. Sijunjung
3. KPU Kota Sawahlunto

IV. Kategori Nagari/Desa Se-Sumbar
1. Nagari Tanjung Haro Sikabu kabu Padang Panjang, Kab Limapuluh Kota
2. Nagari Sungayang Kab. Tanah Datar
3. Nagari Lunang Tigo, Kab Pessel

V. Kategori Bawaslu Kab/Kota Se-Sumbar
1. Bawaslu Kab Pessel
2. Bawaslu Kota Pariaman
3. Bawaslu Kab Solok

VI. Kategori SKPD Provinsi Sumbar
1. RS. Jiwa Prof HB Saanin
2. RSUD Kota Pariaman
3. Dinas Komunikasi & Informatika Prov Sumbar

VII. Kategori SMA/SMK/MAN se-Sumbar
1. SMAN 1 Batusangkar
2. SMAN 2 Tilatang Kamang
3. SMAN 1 Sawahlunto

VIII. Kategori Instansi Vertikal se-Sumbar
1. Badan Pusat Statistik Prov Sumbar
2. Badan Pemeriksa Keuangan Prov Sumbar
3. Pengadilan Tata Usaha Negeri (PTUN) Padang

IX. Kategori PTN/PTS se-Sumbar
1. Universitas Negeri Padang
2. Institut Seni Indonesia
3. Politeknik Negeri Padang

X. Kategori Partai Politik di Sumbar
1. Partai PDI Perjuangan
2. Partai Golkar

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan