Mantan Petinju Dilantik Jadi Sekdaprov Sumbar, Ini Pesan Gubernur

  • Bagikan

IMG-20181003-WA0000

Padang – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno, hari ini, Selasa (2/10), bertempat di Aula Kantor Gubernur Sumbar, melantik Drs. Alwis sebagai Sekretaris Daerah Prov. Sumbar. Sebelumnya, Alwis menjabat sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Prov. Sumbar.

Dalam sambutannya usai prosesi pelantikan, kepada Alwis dan seluruh ASN yang hadir Gubernur berpesan untuk mampu saling beradaptasi satu sama lain agar kerjasama yang baik dapat terjalin.

“Karakter Pak Alwis pasti berbeda dengan karakter Pak Ali Asmar (Sekda terdahulu). Sebagai atasan dan bawahan, mari sama-sama mengadaptasikan bagaimana ke depan agar saling memahami agar bisa saling bekerjasama,” ujarnya.

Memaparkan contoh perbedaan karakter Alwis dengan Sekda terdahulu, Gubernur mengatakan, Alwis adalah pribadi yang mampu menjalin pertemanan dengan siapapun tanpa pandang bulu dan mampu menempatkan diri secara patut dalam kondisi apapun.

“Di antara karakter pak Alwis yang sudah kita ketahui yakni: kiri-kanan bisa berkawan dan selalu bisa menyesuaikan diri dengan situasi apapun,” paparnya.

Di luar dua karakter di atas, Gubernur juga mengenal Alwis sebagai pribadi yang memiliki latarbelakang sebagai petinju. Dengan nada kelakar, memperhatikan latarbelakang tersebut, Gubernur meminta kepada Alwis agar lebih tenang dan tidak mudah terpancing emosi dalam menyikapi suatu persoalan.

“Sikapi sesuatu dengan bijaksana agar tidak mudah terpancing emosi. Ini saya katakan karena pak Alwis ini kan petinju juga, berbeda dengan pak Ali Asmar yang berlatar pendidik,” kelakarnya.

Gubernur menambahkan, bijak dan tak gampang terpancing emosi menjadi penting karena Sekda adalah pejabat karir tertinggi di daerah yang dituntut mampu menyelesaikan segala persoalan.

“Dalam hal ini, Sekda adalah sitawa-sidingin kalau ada situasi panas,” tandasnya.
Sebagai pejabat karir tertinggi di daerah, Gubernur lebih lanjut menekankan agar Alwis mampu menjaga perilaku keseharian. Karena Sekda adalah panutan bagi seluruh pegawai di daerah.

Dikatakannya, karena Sekda adalah Eselon tertinggi, maka perilakunya akan menjadi pedoman, Sekda akan jadi panutan bagi semua pegawai di Provinsi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan