Kobaran Api Porprov XV Padang Pariaman Gelorakan Prestasi Olahraga Sumbar

  • Bagikan

FB_IMG_1542514607815

Batusangkar —Api Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XV Sumatera Barat yang akan berlangsung di Kota Padang Pariaman pada 19 sampai 28 November 2018, diambil dari nagari terindah di dunia Nagari Tuo Pariangan, Kecamatan Pariangan, Tanah Datar.

“Pengambilan api pekan olahraga di Sumbar selalu dilaksanakan di Nagari Tuo Pariangan dimana nagari ini ditetapkan menjadi nagari terindah di dunia,”ucap Gubernur Sumbar diwakili Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Adib Alfikri saat berikan sambutan acara pengambilan Api Porprov XV di Pariangan, Sabtu (17/11).

Adib mengungkapkan, dengan bergeloranya api Porprov yang diambil sumbernya dari alam Nagari Tuo Pariangan, kesuksesan membangun prestasi olahraga hendaknya terus dikobarkan.

Disamping itu hendaknya menjadi semangat kebersamaan baik atlet olahraga maupun masyarakat. Karena semangat kebersamaan tersebut menjadi ikatan kekeluargaan bagi para atlet dan masyarakat nagari yang akan terus berkibar selama pelaksanaan Porprov.

Ia mengharapkan semangat kebersamaan tersebut tetap bergelora di tengah masyarakat terutama para atlet dengan menjunjung sportifitas dan menghindari perbuatan tidak terpuji dalam merebut medali.

IMG_20181117_093949

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan pengambilan api Porprov XV di Nagari Tuo Pariangan.

“Tradisi pengambilan api Porprov sudah sejak lama dilaksanakan. Hendaknya tradisi ini tidak berhenti di ajang Porprov selanjutnya,”harap Irdinansyah.

Ketua KONI Sumbar Syaiful menambahkan,simbol api merupakan pembakar semangat olahragawan dalam berkompetisi. Pengambilan api ini merupakan prosesi awal dimulainya pesta olahraga terbesar di Sumbar, maka dari itu api ini harus dirawat dan dilestarikan.

Syaiful juga sampaikan, tradisi pengambilan api ini tidak hanya diambil ketika Porprov, tapi juga kegiatan serupa dipakai di PON, Sea Games, Asian Games dan Olimpiade.

Ia pun juga sampaikan bahwa Torch Relay pengambilan Api Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) X tahun 2019 di Bengkulu bakal dilaksanakan juga di Nagari Tuo Pariangan ini.

Pengambilan Api Porwil 2019 dikatakan Syaiful juga menandakan Sumbar bakal menjadi tuan rumah pada Porwil XI pada tahun 2023 mendatang.

IMG_20181117_094424

Pengambilan api Porprov XV di Nagari Tuo Pariangan diawali dengan acara pasambahan kato adat oleh tokoh adat di daerah itu.

“Sambah Kato” merupakan prosesi untuk meminta izin dari pemangku adat Nagari Pariangan. Api diambil oleh Pejabat Wali Nagari Pariangan didampingi Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) dan Ketua BPRN.

Api kemudian diserahkan ke Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, selanjutnya kepada Kadis Pora Adib Alfikri dan kepada Bupati Padang Pariaman Ali Mukni selaku tuan rumah Porprov.

Api selanjutnya dibawa oleh pasukan pembawa api Porprov XV bersama Wabup Tanah Datar Zuldafri Darma untuk diserahkan kepada Walikota Padang Panjang Fadly Amran dan dinapkan di kota tersebut hingga hari pembukaan Porprov XV di Padang Pariaman.

Ikut menyaksikan acara pengambilan api Porprov XV tersebut Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim, Ketua KONI Sumbar Syaiful, bupati dan walikota se-Sumbar.(ridho)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan