KMPA dan Warga Bersihkan Material Longsor yang Melanda Nagari Duo Koto

  • Bagikan

Lonsor koting 1

Maninjau, Sumbarpost.com–Komunitas Masyarakat Peduli Api (KMPA) sebagai perpanjangan tangan dari Komunitas Siaga Bencana (KSB) Nagari Duo Koto yang memiliki posko di Jalan Raya Maninjau-Lubuk Basung (Depan Puskesmas Pasar Ahad), Jumat pagi, (26 Maret 2021), mendapat laporan dari Wali Jorong Koto Tinggi bahwa telah terjadi longsor yang mengakibatkan tersumbatmya saluran irigasi di  jalan menuju bak penampungan PDAM, Jorong Koto Tinggi, Nagari Duo Koto, Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam, Kamis malam, (25 Maret 2021).

Tidak menunggu lama, Robi Nofrianto, selaku Koordinator lapangan KMPA, segera berkoordinasi dengan Ketua KMPA Yogi Firnanda Putra, Wali Nagari Duo Koto dan perangkat nagari terkait, guna menurunkan bentor  damkar yang diberi nama “Motor Pintar” ke lokasi kejadian bencana.

Beberapa saat kemudian, anggota KMPA yang juga relawan KSB ini, bersama warga langsung meluncur ke lokasi. Selain menyumbat saluran irigasi, longsor yang juga menutup akses jalan di dekat bak PDAM.

Longsor koting2

Bahu-membahu relawan dan warga membersihkan material longsor  dengan menggunakan Motor Pintar dan peralatan lainnya. Beberapa jam kemudian, saluran irigasi dan jalan yang tertutup longsor itu bersih dan fungsional kembali.

Wali Nagari Duo Koto, Joni Safri, di lokasi kejadian menyebutkan, hujan deras selama beberapa hari ini mengakibatkan tanah longsor, beruntung saat longsor terjad tidak menimbulkan korban jiwa.

longsor kotin3

“Warga bersama relawan KSB dan KMPA beserta perangkat Nagari Duo Koto, hingga Jumat siang, bergotong royong membersihkan material tanah longsor. Baik longsoran tebing yang menimbun irigasi petani maupun yang menutupi jalan,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, Pemerintahan Nagari Duo Koto meminta warga sekitar untuk tetap waspada. Kepada warga dan segenap relawan, pihaknya memberikan apresiasi tinggi dan mengucapkan terimakasih.

Longsor Koting 6

Wali Jorong Koto Tinggi, Donal Charles, mewakili seluruh warga, mengucapkan terima kasih banyak kapada relawan KMPA yang telah membantu memperbaiki saluran irigasi (gorong-gorong) serta badan jalan yang tersumbat di jalan Simpang Dingin, Jorong kototinggi ini. (edY)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan