Kementrian PUPR Targetkan Pekerjaan Pembangunan Jembatan Permanen Padang Pariaman Mulai Maret 2019

  • Bagikan

IMG-20181212-WA0022

Padang – Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bakal membangun jembatan permanen pada tahun 2019 mendatang dilokasi Sungai Kalu Nagari Kayu Tanam Kecamatan 2×11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman Sumatera Barat.

Jembatan lama dilokasi yang menghubungkan ruas jalan nasional dari Kota Padang menuju Bukittinggi serta Provinsi Riau terputus akibat air bah yang melanda jembatan, karena tingginya curah hujan pada Senin (10/12) pukul 18.30 lalu.

Untuk memastikan jalan dimaksud dapat diakses kembali oleh masyarakat Sumbar, Direktur Jendral Bina Marga Kementrian PUPR Sugiyartanto bersama Gubernur Sumbar Prof Irwan Prayitno meninjau langsung pekerjaan pemasangan jembatan darurat berupa jembatan panel.

Dirjen Bina Marga Kementrian PUPR Sugiyartanto menyampaikan, jembatan darurat ini dipasang agar arus lalu lintas bisa terkoneksi kembali, sehingga mobilitas warga dari Padang menuju Bukittinggi begitupun sebaliknya dapat terbuka.

Untuk pemasangan jembatan permanen, Sugiyartanto meminta Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) III Padang secepatnya membuat desain jembatan, rencana anggaran, serta dokumen pelengkap lainnya agar bisa ditenderkan.

“Untuk bentang jembatan permanen seluas 30 meter dibutuhkan anggaran Rp 10 miliar dengan bangunan pelengkap. Diperkirakan Februari selesai tender, Maret mulai kerja, serta September atau Oktober jembatan sudah bisa digunakan.

Sugiyartanto juga mengintruksikan kepada Kasatker dan PPK dilingkungan Bina Marga agar berjalan keliling jika curah hujan di masing masing wilayah kerja sudah mulai ekstrim, agar tahu dengan kondisi lapangan. Disamping itu juga mensiagakan posko beserta alat berat di lokasi rawan bencana.

“Satker dan PPK sudah harus siaga serta patroli jika cuaca ekstrim melanda. Alat berat sudah ada diposisi ditempat-tempat rawan, agar cepat mobilisasi ke tempat bencana sesuai SOP yang ada,”pintanya.

Hadir mendampingi, Direktur Jembatan Ditjen Bina Marga Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) III Padang Aidil Fiqri, Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera V Maryadi Utama, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sumbar Fathol Bari, Kasubdit Perencanaan dan Program Bina Marga, Sjofva Rosliansja. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan