Kementrian PUPR Bakal Revitalisasi Danau Maninjau

  • Bagikan

IMG_20181123_113633

Padang – Senator DPD RI asal Sumbar Emma Yohanna dalam pertemuan mendesak Kementerian PURR untuk mempercepat revitalitasi Danau Maninjau yang sudah lama tercemar akibat sisa makanan ikan karena dana tersebut digunakan masyarakat keramba ikan.

Pihaknya sudah beberapa kali menerima aspirasi Pemerintah Kabupaten Agam terkait kebutuhan dana sebesar Rp 1,4 triliun untuk revitalisasi Danau Maninjau.

“Saya minta kepada Kementerian PUPR untuk memperioritaskan perbaikan danau tesebut,” ungkap Hj. Emma Yohanna ketika Aggota Komite II DPD RI melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) baru baru ini.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Anita Frimanti imengatakan bahwa pada tahun 2019 terdapat 10 danau yang akan di revitalisasi. Kemudian pembangunan atau peningkatan 120 embung, rehabilitasi 6 embung dan rehabilitasi 10 situ.

Pernyataan Sekjen Kementerian PURR itu diperkuat oleh Direktur Pengembangan Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Edi Juwarsa. Dia menyebutkan ada 10 danau yang akan dilakukan revitalisasi tahun 2019.

Untuk wilayah Sumatera terdapat 4 danau yang akan direvitalisasi, yaitu Danau Laut Tawar,  Danau Toba, Danau Picung dan Danau Maninjau. “Kami sudah memasukkan Danau Maninjau dalam program revitalisasi pada tahun 2019. Mengenai kelanjutannya akan kami berikan jawaban secara tertulis,” ujar Edi.(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan