Kemendes PDTT di Sumatera Barat: Fasilitasi Pelatihan Pengelolaan Bumnag dan Kader Pemberdayaan

  • Bagikan

IMG-20190129-WA0006

IMG_20190129_082142

Padang Pariaman —Masyarakat Sumbar patut bersyukur. Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trasmigrasi (Kemendes PDTT) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan, dan Informasi memberikan pelatihan pengelolaan Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag) di Padang Pariaman, dan pelatihan kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) di Agam.

Kedua pelatihan tersebut, kata H Febby Datuk Bangso, ditujukan untuk meningkatkan kualitas pengelola Bumnag dan kader Pemberdayaan Masyarakat. “Kementerian memberikan perhatian serius untuk peningkatan kualitas tersebut, sehingga upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat dicapai,” kata Staf Khusus Kemendes PDTT yang juga putra Sumatera Barat tersebut.

Kedua pelatihan tersebut dilaksanakan serentak di dua tempat berbeda. Materi diberikan Balai Latihan Masyarakat (Balatmas) Kemendes PDTT Pekanbaru, Senin (28/1) kemarin.

“Pelatihan pengelolaan Bumnag ditujukan untuk meningkatkan kompetensi pengelola Bumnag, sehingga mampu mengelolanya secara optimal, berjalan secara kontinyu dan berkesinambungan,” kata Fasilitator Balai Latihan Masyarakat (Balatmas) Kemendes PDTT Pekanbaru Endang, disela-sela kegiatan di Kantor Walinagari Lubuak Pandan, Kecamatan 2 X 11 Enam Lingkung, Padangpariaman.

Pelatihan puluhan peserta, berasal dari Bumnag se-Kabupaten Padangpariaman dan perwakilan Bumnag se-Sumbar. “Pelatihan ini digagas untuk semakin meningkatkan pemahaman dan kemampuan para pengelola Bumdes/Bumnag sehingga berdampak meningkatkan pendapatan,” jelas Endang.

Terobosan yang dilakukan Kemendes PDTT ini mendapatkan apresiasi dari Camat 2 x 11 Enam Lingkung, dan Walinagari Lubuk Pandan. Mereka berharap melalui pelatihan ini dapat meningkatkan wawasan para peserta yang hadir, dan dapat diaplikasikan nanti dalam pengelolaan BUMNag menjadi lebih baik.

“Kegiatan ini akan menambah pengetahuan dan wawasan para pengelola Bumnag. Diharapkan berdampak terhadap meningkatnya kualitas SDM para pengelola Bumnag, sehingga menjadikan BUMNag menjadi lebih maju dan berkembang,” terang Camat 2 X 11 Enam Lingkung, Syofrion Syofrion didampingi Walinagari Lubuakpandan Budiman.(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan