Futsal Sumbar Masuk Grup Neraka PON Jawa Barat

  • Bagikan

futsal-papua

BANDUNG – Juara bertahan Sumatra Barat, tergabung di grup keras yakni Grup A pertandingan cabang olahraga Futsal, Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 Jawa Barat.

Pada Grup A ini juga di tempati oleh Jawa Timur, DKI Jakarta, Sumatra Utara, Kalimantan Barat,  dan Kalimantan Timur. Sementara itu tuan rumah Jawa Barat diprediksi mulus ke babak semifinal. Hal ini dikarenakan Jabar berada di Grup B dan relatif memiliki lawan yang lebih mudah. Grup ini diisi Kalimantan Selatan, Maluku Utara, Bali, dan Papua Barat

Demikan hasil pengundian grup, yang dilaksanakan dalam manejer meeting, Minggu (21/8) malam di Bandung. Dengan peserta 11 tim, setelah Banten memutuskan mundur dari keikutsertaan maka cabang futsal diputuskan dibagi dalam dua Grup.

Manejer meeting ini selain diikuti oleh Asprov PSSI dan AFP Jawa Barat, juga dihadiri oleh utusan Panitia Besar (PB) PON 2016. Sedangkan pertemuan teknis dipimpin oleh Technical Delegate Futsal, Efraim Ferdinand Bawole.

Sumbar yang diwakili Ketua AFP merangkap manajer tim, Yasman Yanusar mengatakan, dalam proses pengundian Sumbar sebagai juara bertahan dan tuan rumah Jabar ditetapkan sebagai tim unggulan dan berhak memilih Grup, sehingga tak ikut mencabut undian.

“Jabar ternyata memilih berada di Grup B, sehingga otomatis Sumbar sebagai unggulan di Grup A. Dan kita juga akan tampil dalam laga pembuka melawan Jawa Timur.”ucapnya Yasman dalam press relis diterima Sumbarpost.com.

Cabang Futsal sendiri akan digelar di GOR ITB Jatinangor Bandung, berlangsung 15-26 September. 15-26 babak penyisihan grup, 24 September semifinal, dan fianl digelar 26 September 2016.

Namun dalam pertemuan itu, masih ada satu hal yang belum diputuskan, yaitu status atau jumlah pemain dari satu tim. “PB PON hanya menetapkan 12 pemain, tapi semua tim peserta meminta agar pemain yang diakui masuk tim 16 pemain, sesuai rule of game FIFA tentang Futsal.”katanya.

Terkait peluang Sumbar sebagai juara bertahan, pemegang medali emas PON 2012 di Riau, Yasman mengakui semua tim di Grup adalah lawan yang kuat dan semuanya tentunya sudah mempersiapkan diri semaksimal mungkin.

“Tapi dengan regulasi usia pemain yang dibatasi U-23, menjadikan semua tim punya peluang yang sama. Artinya semua tim akan start di garis yang sama, otomasti peluangnya juga akan sama.”katanya. (*)

Jadwal Pertandingan :

Kamis (15/9)    08.00 WIB: Sumbar vs Jatim

Jumat (16/9)    19.00 WIB: Sumbar vs DKI Jakarta

Minggu (18/9)  19.00 WIB:  Kaltim vs Sumbar

Senin (19/9)    16.00 WIB:  Sumbar vs Sumut
Kamis (22/9)    09.00 WIB: Sumbar vs Kalbar

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan