Forum Nagari Perkuat Peran Pemerintah Dalam Berdayakan Masyarakat

  • Bagikan

forum-nagari

PADANG- Keberadaan Forum Nagari Kelurahan di Kecamatan Lubuk Kilangan (Luki) Kota Padang, bukan menggantikan peran atau fungsi pemerintah. Namun, Forum Nagari yang dibentuk oleh CSR PT Semen Padang pada awal 2015 lalu itu, dapat memperkuat peran pemerintah dalam hal pemberdayaan masyarakat.

Hal ini diungkapkan Kepala Departemen Komunikasi dan Sarana Umum (KSU) PT Semen Padang, Iskandar Z Lubis, pada saat membuka Workshop BMN CSR Semen Padang di Wisma Indarung, kompleks PT Semen Padang, Rabu (21/9) 2016.

Workshop dengan tema “Harmonisasi, Sinergitas Kemandirian dan Keberlanjutan” itu juga dihadiri Camat Luki, Yalmasri, seluruh Lurah di Kecamatan Luki, pengurus Forum Nagari Kelurahan, LCO Forum Nagari dan sejumlah staf CSR Semen Padang, termasuk Konsultan CSR, Iskandar Sembiring sebagai pemateri workshop.

Iskandar Z Lubis berharap agar ke depan, komunikasi antar Forum Nagari dan CSR Semen Padang lebih ditingkatkan lagi, sehingga setiap program kegiatan yang diajukan Forum Nagari ke CSR Semen Padang lebih tepat sasaran.“Jika komunikasi lebih ditingkatkan lagi, maka setiap kegiatan dilakukan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Camat Luki, Yalmasri menilai bahwa secara umum, Forum Nagari tersebut merupakan wadah untuk menjembatani kebutuhan masyarakat terhadap PT Semen Padang.

Untuk itu, Ia berharap agar masyarakat Luki ikut serta mengawasi setiap kegiatan yang dilakukan Forum Nagari, mengingat dana yang dikucurkan CSR Semen Padang kepada masing-masing Forum Nagari cukup besar.

“Saya juga menghimbau agar semua Forum Nagari juga mensosialisasikan kepada masyarakat apa-apa saja yang diprogramkan. Kemudian, setiap menyusun program Forum Nagari juga diharapkan untuk melibatkan perangkat kelurahan seperti LPM,” tutur Yalmasri.

Hal yang sama juga diungkapkan Konsultan CSR, Iskandar Sembiring. Dikatakannya, ke depan Forum Nagari, khususnya di Lumbung Keuangan Nagari, harus lebih aktif menyerap dana dari pihak lain. “Jangan hanya dari CSR Semen Padang saja, dari sumber lain seperti pemerintah dan perbankan juga harus diserap,” kata Iskandar Sembiring.

Salah seorang pengurus Forum Nagari Kelurahan Beringin bernama Jhony Syafrianto, menyebut bahwa Forum Nagari yang didirikan CSR ini sangat bermanfaat untuk masyarakat. Bahkan, ia menyebut bahwa masyarakat menyambutnya dengan antusias.

“Kami menyambutnya dengan antusian, apalagi program pemberdayaan melalui Forum Nagari itu tidak bersifat sementara, tapi berkelanjutan,” kata Jhony.

Forum Nagari yang merupakan wadah perhimpunan Lembaga-lembaga Sosial Ekonomi Masyarakat, Kerapatan Adat Nagari dan pemangku kepentingan, pembentukannya diprakarsai PT Semen Padang diawali dengan adanya kesepakatan dalam bentuk deklarasi yang dilaksanakan di Bukittinggi pada 31 Januari 2015. Saat ini, di Kecamatan Lubukkilangan telah terbentuk sebanyak tujuh Forum Nagari Kelurahan.

Forum Nagari yang dibentuk CSR Semen Padang itu tidak hanya disemua kelurahan yang ada di Kecamatan Lubuk Kilangan, tapi juga ada di beberapa kelurahan yang ada di Kecamatan Pauh dan Lubeg.

Tujuan dibentuknya Forum Nagari ini, pertama, mengkoordinasikan dan mensinergikan kegiatan pemberdayaan masyarakat, pemerintah dan perusahaan dalam mengoptimalkan sumberdaya, keahlian dan adat nagari secara berkelanjutan. Kedua, mengkonsultasikan program-program pemberdayaan masyarakat yang dapat mendukung program “Basinergi Membangun Nagari”.

Ketiga, mengkomunikasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat kelurahan kepada semua pemangku kepentingan baik di dalam kelurahan maupun di luar kelurahan dalam Kecamatan Lubukkilangan yang peduli terhadap kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Keempat, mendayagunakan modal sosial masyarakat kelurahan dalam menggerakkan kegiatan pemberdayaan masyarakat khususnya komunitas sasaran yang telah ditetapkan.

Sertia. Kelima, menumbuhkembangkan jalinan komunikasi dan informasi yang harmonis dan bersikesinambungan dalam melaksanakan program pemberdayaan masyarakat antar lembaga dan kelompok-kelompok yang ada di tingkat kelurahan. Serta program lintas kelurahan yang dilaksanakan di tingkat kecamatan Lubukkilangan. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan