FORKI Sumbar Berangkatkan 23 Karateka di Kejurnas Piala Mendagri 2017

  • Bagikan

karate

Padang – Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Olah Raga Karate-do Indonesia (FORKI) Sumatra Barat mengirimkan 23 atlet, pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Karate Piala Mendagri XIX Tahun 2017, yang akan berlangsung pada tanggal 24-26 Maret, di GOR Saburai, Bandar Lampung.

Ke-23 karateka yang akan tampil memperkuat Sumbar tersebut, merupakan hasil seleksi yang diadakan oleh seluruh perguruan yang ada di Sumbar dan juga dari seleksi setiap mengikuti Kejuaraan karate.

“Para atlet yang ikut di Kejurnas Piala Mendagri ini akan turun di 23 nomor yang akan dipertandingkan. Total kontingen Sumbar di Kejurnas karate ini ada 36 orang yang terdiri dari 23 atlet dan 13 ofisial yang terdiri dari manajer, pelatih, dan pimpinan rombongan,” ujar Ketua bidang Organisasi Forki Sumbar, Wahyu Iramana Putra mewakili Ketua Umum Pengprov FORKI Hendra Irwan Rahim usai acara pelepasan tim karate Sumbar, di Gedung bela diri KONI Sumbar, Kawasan Gor H Agus Salim Padang, Selasa, (21/3). Maret 2017.

Wahyu mengatakan, para karateka Sumbar ini akan turun di nomor kadet, junior, dan U-21 tahun. melihat potensi yang dimiliki oleh atletnya, dia optimsitis mampu meraih hasil maksimal di Kejurnas nanti.

“Sebetulnya jujur atlet kita punya potensi besar di Kejurnas nanti. Hanya bicara kejuaraan tidak terukur seperti olah raga bela diri ini, faktor penentunya ada di mental atlet masing-masing,” katanya diaminkan Sekum Forki Alvira.

Dia menuturkan, training center yang hanya dilakukan selama sepuluh hari terhitung luar biasa, karena berdasarkan hasil pemantauan selama TC tersebut teknik para atlet dapat terlihat dan bahkan bisa unggul dengan daerah lain.

“Saya berharap mental para atlet ini di lapangan tidak berubah. Dan saya tidak henti-hentinya selalu mengingatkan kepada para orang tua atlet untuk selalu memberikan motivasi dan semangat supaya mereka bisa berjuang,” ujarnya.

Wahyu mengatakan, potensi yang dimiliki ole para karateka junior Sumbar ini harus dijaga dan bahkan ditingkatkan. FORKI Sumbarpun sudah menyiapkan pola pembinaan, salah satunya adalah dengan mencetak pelatih-pelatih muda.

Para pelatih ini pada umumnya merupakan atlet karate Sumbar senior, sehingga dengan keikutsertaan mereka para atlet junior bisa termotivasi dan bahkan bisa menyerap ilmu yang didapatkan dari pelatihnya.

Sementara itu Ketua Umum KONI Sumbar Syaiful mengapresiasi FORKI Sumbar dalam hal pembibitan atlet karate.

“KONI sangat salut apa yang dilakukan oleh FORKI Sumbar yang selalu mengikuti setiap kejuaraan yang digelar. Ini merupakan kegiatan yang positif untuk perkembangan dalam hal pembinaan atlet muda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan