Dua Daerah Tak Ikut Peparpelda Tingkat Sumbar

  • Bagikan

RAfli Efendi

Padang – Jika tidak ada aral melintang, 17 kabupaten dan kota se Sumatera Barat bakal ambil bagian pada Pekan Olahraga Paralimpik Pelajar Daerah (Peparpelda),yang dilaksanakan oada 6-8 Maret mendatang. Gubernur Sumbar Prof Irwan Prayitno dijadwalkan akan membuka kegiatan tersebut.

Peparpelda 2017 mempertandingkan lima cabang olahraga. Perinciannya cabor atletik dilaksanakan di lintasan atletik Stadion H. Agus Salim, cabor renang di Kolam Renang Taratai, cabor bulutangkis dan catur di Asrama PHI Tabing, serta cabor tenis meja di Gedung Serbaguna KONI Sumbar.

Kabid Olahraga Dispora Sumbar Rafli Efendi didampingi Kasi Olahraga Pendidikan, Rekreasi, dan Olahraga Pendidikan Layanan Khusus Della Handayani kepada Sumbarpost.com menjelaskan, Sampai saat ini sudah 16 kabupaten kota dengan jumlah atlet dan pelatih sebanyak 183 orang sudah menjalani keabsahan peserta yang dilaksanakan oleh panitia. Sementara satu daerah, yakni Kota Padang terlambat mengikuti keabsahan, karena baru menggelar seleksi daerah Peparpelda.

Animo masyarakat untuk ikut Peparpelda dikatakan Rafli Efendi sangat tinggi. Betapa tidak, dengan anggaran yang serba terbatas tanggungan dari Dispora Sumbar, ratusan peserta hadir pada iven dua tahunan ini. Bahkan jika Dispora daerah daerah tak ada, sekolah yang mengikutsertakan atlet dan pelatih.

“Diakui kita kekurangan dana untuk penyelenggaraan dan tanggungan atlet daerah yang berlaga di Peparpelda tahun ini. Hal ini karena kebijakan pemotongan anggaran dari provinsi. Namun demikian tak mengurangi animo kabupaten kota mengikuti Peparpelda ini,”ungkap Pria yang akrab disapa Pak Pen ini.

Sementara itu Della Handayani menambahkan, dua daerah yang tidak ikut dalam Peparpelda tahun ini adalah Kabupaten Mentawai dan Kota Solok. Alasan klasik masalah pendanaan membuat daerah itu tak bisa mengirimkan atlet dan pelatih.

“Kendati dua daerah tak bisa menurunkan atlet dan oekatih, kita berharap daerah lain menurunkan atlet dan pelatih terbaik. Karena ajang ini juga sekaligus untuk seleksi mencari atlet terbaik dalam Peparpelnas 2017 yang akan dilaksanakan di Solo Jawa Tengah,”pungkasnya.(ridho)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan