DPRD Kota Salatiga Gali Informasi Pembangunan Padangpanjang

  • Bagikan

dprd-salatiga

Padangpanjang-Keberhasilan Kota Padangpanjang dari berbagai sektor menjadi salah satu tujuan menarik bagi daerah-daerah di luar Sumatera Barat, salah satunya adalah rombongan DPRD Kota Salatiga Jawa Tengah yang menjadikan Kota Padangpanjang sebagai daerah tujuan kunjungan kerjanya untuk mengetahui keberhasilan Kota Padangpanjang bersama DPRD dalam membangun daerah yang jumlah penduduknya lebih sedit dari Kota Salatiga. Kunjungan DPRD Salatiga disambut Wakil Ketua DPRD Yulius Kaisar didampingi Ketua Badan Kehormatan Desfa Remindo, wakil Ketua Komisi II Mesra dan Sekretaris Dewan Asrul, bertempat diruang rapat utama Gedung DPRD Kota PadangPanjang Kamis, 03/11.

Rombongan DPRD Kota Salatiga dipimpin Wakil Ketuanya Fathur Rahman dengan Rombongan DPRD berjumlah 23 orang, dengan mengiut sertaan sebanyak 12 Pejabat SKPD dan 16 wartawan dari berbagai media dari Kota Salatiga.

“Secara umum Kota Salatiga hampir mirip dengan Kota Padangpanjang, yang menjadi tujuan utama kunjungan kami dengan memilih Kota Padangpanjang adalah pelaksanaan good gavernance, bagaimana pelayanan pemberdayaan ekonomi dan infrastruktur di Padangpanjang, karena Kota Salatiga hampir mirip dengan Kota Padangpanjang,” ungkap Fatahur Rahman pada Sumbarpost usai melakukan pertemuan dengan DPRD Kota Padangpanjang.

Salah satu catatan penting DPRD Kota Salatiga dari kunjungan ke DPRD Kota Padangpanjang,  menurut anggota DPRD dari Partai PKS ini, adalah aktifnya Koperasi dan perhatian yang diberikan oleh pemerintah daerah, sebagai bentuk pembinaan dan perhatian terhadap sektor pangan dan pemberdayaan UMKM.

“Banyak yang terkait dengan pemberdayaan ekonomi seperti aktifnya koperasi dan bagaimana pemerintah memberikan suport, perhatian terhadap pangan, sawah, ladang juga pengelolaan UMKM, ini nantinya yang akan kita bahas dari informasi yang kita dapat di DPRD Kota Padangpanjang untuk kita terapkan di Kota Salatiga nantinya,” tukas Fathur Rahman.

Menurut faturahman, untuk sektor infrastruktur, Kota Salatiga sama dengan Kota Padangpanjang APBD lebih banyak tapi daerahnya lebih luas, untuk fasilitas jalan sudah bagus, tapi ada beberapa hal penting bagaimana melibatkan kelurahan untuk bisa mengelola anggaran dengan melibatkan masyarakat seperti yang ada di Padangpanjang.

Untuk memberikan informasi yang dibutuhkan, DPRD Kota Padangpanjang juga menghadirkan SKPD,  diantaranya Kepala Dinas Petanian, Kepala Dinas Porbudpar, Kepala KPPT, direktur PDAM, Dinas PU dan Bappeda, Pada kesempatan itu juga hadir Ketua PWI Padangpanjang Syamsoedarman beserta wartawan media cetak dan elektronik Kota Padangpanjang.

“Setiap tahunnya kita membawa wartawan untuk mengikuti kunjungan kerja ke luar daerah, ini sangat penting agar informasi yang di peroleh bisa disampaikan kepada masyarakat di Salatiga, sekaligus menyampaikan kegiatan kunjungan kerja DPRD di daerah tujuan, sehingga masyarakat tahu maksud dan tujuan kunjungan kerja tersebut,” tambah Fathur Rahman.

Kehadiran DPRD Kota Salatiga yang berjumlah sebanyak 23 orang dengan pendamping dari SKPD Pemko Salatiga sebanyak 12 orang dan 16 orang wartawan, keikut sertaan wartawan dianggarkan melalui anggaran Humas DPRD Salatiga, pada kesempatan kunjungan kerja rombongan DPRD Salatiga tersebut juga dimanfaatkan wartawan Padangpanjang untuk bersilatrurahmi dengan wartawan wartawan dari Kota Salatiga. (In)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan