DALAM RANGKA HUT YANG KE 58, PT SP MENGADAKAN KEGIATAN DONOR DARAH

  • Bagikan

donor-darah

Padang – Dalam rangkaian kegiatan Sportalympic 2016 dan HUT Pengambilalihan Perusahaan ke-58, PT Semen Padang mengadakan kegiatan donor darah yang digelar pada Kamis (11/8) di Gedung Serba Guna (GSG) PTSP.

Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama yang dilakukan PT Semen Padang dengan Semen Padang Hospital dan PMI.  Donor darah ini diperuntukan kepada seluruh karyawan/i PTSP dan juga dibuka untuk umum.

Darah yang telah disumbangkan akan dikelola oleh PMI dan akan disalurkan kepada orang-orang yang membutuhkan. Dalam kegiatan ini, turut hadir Direktur keuangan PT Semen Padang Tri Hartono Rianto yang juga ikut mendonorkan darahnya.

Menurut Tri Hartoni, kegiatan donor darah tersebut adalah suatu hal yang positif terutama pagi pendonor.

“Manfaat donor darah ini banyak sekali, selain bermanfaat untuk orang yang membutuhkan mendonorkan darah juga bisa menjaga stamina untuk si pendonor. Selain itu, juga berpahala karena kita menyumbangkan apa yang baik untuk orang lain dan tentu setelah mendonorkan darah badan akan terasa lebih fit dan segar,” ujarnya.

Tri sendiri mengaku, telah mendonorkan darahnya secara rutin sejak tahun 1995 hingga kini. Ia berharap, kegiatan ini dapat dilakukan terus dan semakin banyak orang terutama karyawan PT Semen Padang yang ikut ambil bagian.

“Semoga kegiatan ini bisa menjadi inspirasi untuk yang lain karena mendonorkan darah tidak akan membuat rugi,”ungkap Tri yang ditemui setelah melakukan donor darah.

Kegiatan donor darah di PT Semen Padang menurut panitia Donor Darah PT Semen Padang,  Melyana dilakukan rutin tiga kali dalam setahun (dalam kegiatan Bulan Mutu K3, HUT Pengambilalihan PT Semen Padang dan Kegiatan rutin SPSP.

Donor darah sebelumnya dilangsungkan pada Bulan Februari lalu, yang berhasil mengumpulkan 258 kantong darah. Pada kegiatan kali ini, menurutnya, panitia kegiatan donor darah menargetkan untuk dapat memperoleh 250 kantong darah.

Sementara itu, dr Kim salah satu dokter Palang Merah Indonesia menyebutkan, kebutuhan darah untuk Kota Padang saat ini mencapai 100 kantong perharinya. Menurutnya, cara PMI untuk menghimpun darah adalah, dengan melakukan sosialisasi ke kampus dan instansi-instansi dan juga melakukan pengambilan darah menggunakan mesin pengelola yang hanya mengambil trombosit dari si pendonor.

“Kebutuhan darah untuk Kota Padang saat ini mencapai 100 kantong perharinya. Untuk itu,perlu kepedulian masyarakat untuk aktif dalam mendonorkan darahnya,”ujar dr Kim.

Ia juga memuji keterlibatan aktif dari PT Semen Padang, yang secara rutin menggelar kegiatan donor darah. Menurutnya, hal ini sangat membantu PMI dalam mengumpulkan darah terutama untuk golongan darah AB yang saat ini masih sangat sulit mencari pendonornya.(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan