Wagub Karateker KONI Sumbar?

  • Bagikan

Padang-Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy ditunjuk sebagai karateker KONI Sumbar demi menyelamatkan olahraga Ranah Minang. Pasalnya, saat ini Ketua KONI “A” tersangkut kasus hukum korupsi dengan status tersangka di Kajari Padang.

Informasi di lapangan, Wagub Sumbar ditunjuk sebagai karateker oleh KONI Pusat. Kalangan pratiksi dan pengamat olahraga menyambut baik. Namun ketika dikonfirmasi lewat Whatsapp, Audy Joinaldi membalas, “ belum ada surat dari KONI Pusat setahu saya,” jawabnya, Jumat ( 4/2/22).

Sebenarnya kasus hukum Ketua KONI Sumbar sudah jadi perhatian Wagub, bahkan saat kejuaraan renang se- Sumatera bulan lalu, Audy menyebutkan, jika punya etika Ketua KONI sebaiknya mundur dan fokus dengan kasus hukumnya.” Sedangkan masalah ini,  saya akan minta petunjuk kepada ketua KONI Pusat,” ujarnya.

Tidak berselang lama, Wagub Sumbar menemui ketua KONI Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman, di Jakarta. Selain membicarakan perkembangan olahraga nasional tentu Audy minta petunjuk persoalan KONI Sumbar.

Menurut sumber yang namanya dirahasiakan, informasi Wagub mengambil alih KONI Sumbar sudah sahih.”Kita lihat saja nanti bagaimana perkembangan selanjutnya,” ujar sumber yang kenal dekat dengan tersangka.

Informasi tersebut cepat berkembang, menurut Prof. DR. Syahrial Bakhtiar kalau pemerintah daerah mengambil alih buat sementara baguslah. Ini demi menyelamatkan olahraga Sumbar, tapi jangan sampai melanggar aturan organisasi.”Saya akan cek juga ke KONI Pusat apa benar informasi tersebut,” katanya.

Sedangkan Ketua Forum Penyelamat Olahraga Sumbar, Togi P Tobing merespon postif jika Wagub Audy untuk sementara mengambil kendali KONI.” Ini akan mempermudah langkah kita, sekarang saya lagi bergerak mengumpulkan ketua Pengprov,” ujarnya. (nal/almadi)

  • Bagikan