Wacana Gubernur Sumbar, Pasien Covid-19 Isolasi Saja ke Pulau

  • Bagikan

Padang – Wacana gubernur Sumbar, Mahyeldi pasien Covid-19 sebaiknya disolasi ke pulau yang ada di kawasan laut Sumatera Barat. Mereka bisa bebas melakukan aktifitas dan mempercepat kesembuhannya.

“Pemerintah pusat kan mewacanakan tempat isolasi terpusat terapung. Bagaimana jika dibuat di satu pulau dilengkapi fasilitasnya, kemudian mereka dilayani dengan tenaga medis yang lengkap,”ujarnya Selasa (10/8/2021).

Menurutnya, itu akan bisa mempercepat penyembuhan pasien covid-19. Sebab, untuk mempercepat penyembuhan bagi gejalan ringan dan orang tanpa gejala (OTG) diperlukan peningkatan imun tubuh.

“Jika mereka menjalani hari-hari selama positif dengan bahagia, bisa jalan-jalan bebas, tanpa masker. Kemudian bisa mandi-mandi. Setelah itu ada pengawasan dari tenaga medis dan perawat. Disana juga ada psikolog yang menangani, rasanya akan lebih cepat sembuh,”ujarnya.

Menurutnya, perawatan yang disediakan rumah sakit dan tempat isolasi yang memiliki ruang terbatas justeru membuat pasien tambah stress. Kemudian pasien dilayani oleh orang yang menggunakan baju hazmat. Tanpa bisa melihat senyuman, yang mengunjungi juga terbatas. Dengan begitu imun tubuh menjadi turun, penyembuhan menjadi lambat.

“Jadi sebaiknya dengan ruang yang luas, fasilitas lengkap. Pasien tidak stress. Karena itu hasil dari pantauan saya pada sejumlah rumah sakit belakangan ini. Saya mempunyai kesimpulan pribadi seperti itu,”ungkapnya. Wacana itu menurutnya sejalan dengan rencana Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menyediakan tempat isolasi terpusat terapung di Sumbar. (almadi)

  • Bagikan