UPZ Baznas Semen Padang Kirim Bantuan untuk Korban Gempa

  • Bagikan

PADANG- Selain mengirim relawan TRC Semen Padang dan tim medis, PT Semen Padang melalui UPZ Baznas Semen Padang juga mengirimkan bantuan untuk korban bencana gempa di Pasaman Barat, Sabtu (26/2/2022).

Bantuan berupa logistik dan sembako itu, terdiri dari makanan cepat saji sebanyak 50 dus, beras seberat 500 kg, air mineral sebanyak 30 dus, selimut 50 helai, dan terpal sebanyak 25 lembar ukuran 6×4 meter.

Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Oktoweri mengatakan, program peduli kemanusiaan yang dilakukan UPZ Baznas PT Semen Padang merupakan bukti komitmen PT Semen Padang dan segenap elemen yang ada di perusahaan untuk selalu responsif dan peduli terhadap masalah-masalah kemanusiaan yang terjadi di lingkungan.

“Jumat kemarin, PT Semen Padang telah mengirim Tim Advance dari TRC, kemudian logistik dan tim medis. Pada hari ini juga dikirim logistik dan sembako. Mudah-mudahan dengan apa yang kita lakukan bersama dengan tim kemanusiaan lainnya di Pasaman Barat, dapat meringankan beban saudara-saudara kita di sana,” kata Oktoweri.

Wakil Ketua UPZ Baznas PT Semen Padang Rinold Thamrin menambahkan, bantuan sembako dan logistik untuk korban gempa bumi di Pasaman Barat itu nantinya akan didistribusikan langsung ke Posko Gempa Pasaman Barat.

“Bantuan ini akan kami serahkan langsung ke Posko Gempa Pasaman Barat. Insya Allah nanti malam bantuan ini sampai di Posko Gempa,” kata Rinold yang didampingi Kepala Pelaksana Harian UPZ Baznas Semen Padang Muhammad Arif.

Rinold dan Muhammad Arif berharap bantuan logistik dan sembako ini dapat membantu meringankan beban para korban, serta juga dapat mengobati duka yang dialami para korban gempa berkekuatan 6,2 SR tersebut.

“Duka masyarakat Pasaman Barat yang terdampak gempa bumi adalah duka kita bersama. Semoga bantuan ini dapat meringankan dan mengobati duka yang dirasakan para korban gempa,” ujar Muhammad Arif.

UPZ Baznas Semen Padang adalah lembaga yang menghimpun dan menyalurkan zakat karyawan PT Semen Padang. Penyaluran dana zakat ini sudah berlangsung sejak 1995. Dan penyalurannya, dimulai pertama kali oleh Unit Korpri PT Semen Padang.

Kemudian sejak tahun 2016, disalurkan melalui UPZ Baznas Semen Padang melalui Surat Keputusan Ketua Baznas No. 57 tahun 2016 yang dikeluarkan pada 21 Desember 2016. Salah satu program UPZ, adalah Peduli Kemanusian.

“Jadi, bantuan untuk korban gempa Pasaman Barat ini adalah bagian dari program Peduli Kemanusiaan. Dan bantuan ini, juga amanat dari karyawan PT Semen Padang yang memberikan kepercayaan kepada UPZ Semen Padang untuk menyalurkannya,” pungkas Muhammad Arif.

Pada Jumat (26/2/2022), PT Semen Padang telah mengirim Tim Andvance TRC Semen Padang untuk melakukan pendataan kebutuhan korban gempa di Pasaman Barat. Beberapa jam berselang kemudian, menjelang Magrib, PT Semen Padang kembali mengirim tim medis dari Semen Padang Hospital (SPH) dan juga obat-obatan.

Bersamaan dengan tim medis, perusahaan semen di Kota Padang itu juga mengirim sejumlah relawan TRC dan bantuan logistik berupa selimut sebanyak 50 pcs, terpal 10 pcs dan sembako yang terdiri dari beras 500 kg, mie instan 20 dus, air mineral 20 dus dan sarden sebanyak 50 kaleng.

Tim medis, relawan TRC dan logistik itu, dilepas langsung oleh Plt Dirut PT Semen Padang Asri Mukhtar di Wisma Indarung. Hadir pada pelepasan itu Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Oktoweri, Kepala Unit CSR Rinold Thamrin, dan Dirut SPH dr. Selfi Farisha. (almadi)

  • Bagikan