Tok Tok Tok Buka Puasa, Semen Padang Buka Bersama Warga Kurang Mampu di Koto Tingga Dalam

  • Bagikan

PADANG, (8/4/2022) – Untuk menyemarakkan Ramadan 1443 H, PT Semen Padang menggulirkan program Tok Tok Tok Buka Puasa Bersama PT Semen Padang. Program berbuka bersama dengan masyarakat kurang mampu itu digelar di empat lokasi di Kota Padang selama bulan Ramadan tahun ini.

Jumat (8/4/2022) sore jelang berbuka puasa, program Tok Tok Tok Buka Puasa itu digelar di Koto Tingga Dalam, Kelurahan Pasar Ambacang, Kecamatan Kuranji. Di sana, sebanyak 100 nasi bungkus dibagikan kepada masyarakat kurang mampu, termasuk anak yatim dan janda.

Bekerja sama dengan komunitas Berbagi Nasi Padang, program Tok Tok Tok Buka Puasa dari perusahaan semen di Kota Padang itu, dipimpin oleh Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang, Nur Anita Rahmawati. Kegiatan tersebut, disambut antusias masyarakat setempat kawasan Koto Tingga Dalam.

Program Tok Tok Tok Buka Puasa yang dimulai dari pukul 17.00 WIB sampai masuknya waktu berbuka itu juga dimeriahkan oleh kegiatan edukasi dari komunitas Berbagi Nasi Padang berupa cerita-cerita singkat tentang kisah-kisah para nabi dan rasul.

Kegiatan edukasi yang diikuti anak-anak di kawasan Koto Tingga Dalam itu, juga dimeriahkan dengan pembagian doorprize dari PT Semen Padang bagi anak-anak yang berhasil menjawab pertanyaan yang disampaikan tim dari PT Semen Padang.

Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang, Nur Anita Rahmawati mengatakan, program Tok Tok Tok Buka Puasa ini sengaja digulirkan dengan tujuan untuk saling berbagi kebahagiaan dengan mereka yang kekurangan di bulan suci Ramadan.

Kegiatan Tok Tok Tok Buka Puasa ini bekerja sama dengan komunitas Berbagi Nasi Padang yang selama ini selalu konsisten berbagi nasi padang kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Untuk hari ini, adalah hari pertama kegiatan Tok-tok Buka Puasa Bersama PT Semen Padang. Kegiatan ini digelar setiap Jumat di bulan Ramadan di empat lokasi di Kota Padang. Untuk penentuan lokasi kita bekerja sama komunitas Berbagi Nasi Padang,” kata Anita.

Program Tok Tok Tok Buka Puasa ini merupakan yang pertama digelar di bulan Ramadan tahun ini, dan dilaksanakan di daerah yang banyak ditempati warga kurang mampu.

“Kami berterima kasih kepada komunitas Berbagi Nasi Padang yang telah ikut membantu kami dalam menjalankan program Tok Tok Tok Buka Puasa Bersama PT Semen Padang. Semoga hal-hal kecil yang kami lakukan ini bermanfaat dan berkah bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan,” kata Anita seraya menambahkan pada program pertama itu juga dibagikan satu paket sembako pada salah satu warga yang tidak mampu.

Sementara itu, relawan komunitas Berbagi Nasi Padang, Prayuda Dewantara Asri mengapresiasi PT Semen Padang yang telah ikut berpartisipasi dengan komunitas Berbagi Nasi Padang. Apalagi di bulan Ramadan ini, Berbagi Nasi Padang rutin setiap hari menyalurkan bantuan nasi bungkus kepada masyarakat kurang mampu pada saat sahur dan berbuka.

“Saya mewakili kawan-kawan komunitas Berbagi Nasi Padang berterima kasih kepada PT Semen Padang yang telah ikut berpartisipasi mendukung program kami. Mudah-mudahan, partisipasi dari PT Semen Padang ini mendapat keberkahan dari Allah SWT,” kata Relawan yang akrab disapa Yuda ini.

Komunitas Berbagi Nasi Padang ini, lanjut Yuda, beranggotakan komunitas yang berasal dari berbagai profesi, ada dokter, karyawan, PNS, mahasiswa dan bahkan ada yang pelajar. Dan, komunitas ini tidak ada struktur organisasinya. Untuk komunitas ini, berjumlah sekitar 30 orang anggota aktif.

“Komunitas Berbagi Nasi Padang ini berdiri pada tahun 2013. Namun komunitas ini vakum pada 2016. Barulah pada tahun 2019, kami mencoba untuk menggerakannya kembali. Dan ini kami lakukan karena di Kota Padang banyak masyarakat kurang mampu secara ekonomi dan mereka butuh bantuan, ” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang warga Koto Tingga Dalam bernama Parlindungan Harahap, mengucapkan terima kasih kepada PT Semen Padang dan komunitas Berbagi Nasi Padang yang telah memberikan bantuan nasi kotak untuk berbuka. Tentunya, bantuan ini bermanfaat bagi keluarganya untuk berbuka puasa.

“Alhamdulillah nasi kotak ini berkah buat saya dan keluarga. Apalagi saya dapat empat empat bungkus nasi. Menurut saya, Berbagi Nasi bungkus ini yang disebut saling berbagi, yaitu yang besar memberi yang kecil, dan yang kecil menghormati yang besar,” kata kuli bangunan berusia 45 tahun itu.

Hal yang sama juga disampaikan Susi Mariani, warga Koto Tingga Dalam yang juga mendapatkan nasi bungkus dari PT Semen Padang. “Alhamdulillah, saya senang sekali mendapatkan nasi bungkus yang bermanfaat untuk kami berbuka. Terima kasih PT Semen Padang atas bantuannya,” kata Susi.(*)

  • Bagikan