SMK Duafa Padang Dinilai Tim PKKS Sumbar

  • Bagikan

Padang-Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Dhuafa Padang dikunjungi PKKS untuk penilaian kinerja kepala sekolah dari Dinas Pendidikan Sumbar, dengan tujuan untuk menjamin objektivitas pembinaan tenaga pendidik dan kependidikan yang didasarkan pada sistem prestasi dan sistem karir.

Prinsip penilaian kinerja Kepala Sekolah dilaksanakan dengan prinsip Objektif penilaian dilakukan sesuai dengan keadaan sebenarnya, terukur (penilaian yang dilakukan dapat diukur dari segi kuantitas dan kualitatif, akuntabel proses dan hasil penilaian dapat dipertanggungjawabkan kepada pejabat yang berwewenang, partidipatif penilaian dengan Kepala Sekolah terlibat secara aktif dalam seluruh proses penilaian prestasi kerja, transparan penilaian dilakukan terbuka dan tidak bersifat rahasia.

Hadir dalam kegiatan penilaian kinerja kepala sekolah ini tim penilai dari Pengawas Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat sebayak 3 orang yang disambut oleh Kepala SMK Duafa Padang, Esneti S Pd. M Pd bersama TIM Penjamin Mutu Pendidikan Sekolah.

Ada 215 item penilaian yang termuat dalam instrumen penilaian kinerja Kepala Sekolah yang tercakup dalam Tugas Manajerial dengan bobot penilaian 60 % dan pengembangan kewirausahaan dengan bobot 10 %, Supervisi 15 Persen, Pengembangan Keprofesional Berkelanjutan dengan bobot 5 % dan Tugas Tambahan 5 %.

Dalam penilaian kinerja Kepala Sekolah disampaikan oleh tim penilai bahwasanya banyak aspek yang akan digali yang berpedoman pada 215 item butir penilaian antara lain orientasi pelayanan, integritas, komitmen, disiplin, kerjasama dan kepemimpinan Kepala Sekolah.

Yang lebih menarik lagi disamping 215 butir penilaian yang dipastikan sudah siap terdokumen dengan baik , prilaku kerja pun turut dinilai dengan 8 komponen cakupan yaitu prilaku oleh pengawas sekolah sebanyak 1 orang, guru 10 orang, tenaga pustaka 3 orang, tenaga laboratorium 3 orang, tenaga administrasi 3 orang, komite sekolah 3 orang, peserta didik 10 orang, orang tua didik (bukan komite) 10 orang.

Melalui komitmen sukses kegiatan dan sukses hasil Kepala SMK Duafa Esneti telah mendelegasikan tugas tersebut jauh sebelumnya sehingga pada hari keberlangsungan kegiatan penilaian kinerja kepala sekolah tim TPMPS tidak menemukan kendala yang berarti.

“Kita Berharap dan berdo’a setelah ikhtiar dengan nawaitu yang ikhlas yang kita lakukan, sukses kegiatan dan sukses hasil Insya Allah tentu berpihak kepada kita dengan kriteria penilaian Sangat Baik. Tentu ini masih dalam proses dan kita tunggu hasil nyatanya, ” ujarnya. (naldi)

  • Bagikan