Raker PSTI Sumbar 2021 Mutasi Atlet Perlu Kesepakatan Bersama 

  • Bagikan

PADANG-Rapat kerja (Raker)  PSTI Sumbar, 18 Desember kemarin, membuat kesepakatan bersama tentang mutasi atlet antar daerah dalam provinsi hingga ke luar provinsi, boleh dilakukan, namun adanya kompensasi terhadap klub di daerah atlet yang bersangkutan. Jadi, jangan asal mengambil saja, maka perlu kesepakatan.
Sebab sudah menjadi pengalaman, karena masa kepengurusan PSTI Sumbar ini ada 2 orang atlet binaan Sumbar yang memperkuat daerah di luar Sumbar yakni Jabar tahun 2021 dibuat kesepakatannya hitan di atas putih.
“Namun, kedua atlet tidak bisa kembali membela Sumbar di kemudian hari. Tapi kini disepakati atlet yang pindah, kalau mau pindag ke Sumbar dipersilahakan akan tetapi harus ada surat mutasi,” ujar Ketua PSTI Sumbar Ermizen melalui Wasekum Syahril Bais, Kamis (30/12).
Dikatakan Syahril, menyangkut perpindahan atlet ini gawenya Bidang Organisasi, hokum, disiplin dan kemitran. Akan tetapi jika ada atlet yang perpindahannya tidak resmi Pengprov akan melayangkan surat ke PSTI yang bersangkutan. Kemudian untuk mewujudkan sinergi dalam berorganisasi antara Pengprov PSTI Sumbar dengan PSTI pengkab dan pengkot se-Sumbar, perlu disurati pengkab dan pengkot yang bersangkutan. Tapi, bagi kepengurusan PSTI yang telah habis akan disurati .
Bagi anggota Pengprov yang tidak aktif dalam mengikuti kegiatan PSTI akan direvisi. Dan begitu sebaliknya jika pengkab dan pengkot PSTI yang tidak aktif mengikuti kegiatan PSTI Sumbar akan disurati.
Akan melakukan kerjasama dengan pihak  BUMND/ BUMD  yang ada di Sumbar.
Dikatakan Syahril, sedangkan di bidang Binpres (kepelatihan, kompetisi/pertandingan dan pembibitan, terkait masalah penyegaran di bidang wasit masih minim perlunya pelatihan wasit di Sumbar ke depan. Kerjasama antara Binpres PSTI Sumbar dengan daerah. Adanya Kejurda untuk pembinaan di daerah secara berkala dan berjenjang (pelajar dan umum). Kemudian, tentang invetaris atlet atau pembinaan. Juga kompetisi usia dini untuk pembinaan ke depannya. Tak terlepas persiapan Popwil 2022 dan persiapan Pomnas Oktober 2022.
Bidang bidang Litbang dan Sporscience, perlu perhatian khusus untuk kemajuan sepaktakraw ke depannya. Dan antara Binpres dengan sportscience saling berkerja sama.  Mempersiapkan SDM yang unggul.
Rakerprov PSTI Sumbar yang melibatkan pengurus PSTI kabupaten dan kota dilaksanakan di Kota Padang, Sabtu (18/12). (*naldi)
  • Bagikan