PTSP Kirim Tim Inovasi ke Ajang APQO/IC 2021 Australia

  • Bagikan

PADANG – PT Semen Padang mengikutkan dua tim inovasi untuk bersaing pada ajang Asia Pacific Quality Organization International Conference (APQO/IC) yang digelar di Perth, Australia 2021.

Diikuti secara virtual (online) melalui aplikasi Zoom, ajang itu digelar pada 13-17 September 2021. Kedua tim inovasi PT Semen Padang yang mengikuti ajang tersebut adalah Watercooper dan Fast Track yang berasal dari Unit WHRPG & Utilitas. Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati mengatakan, keikutsertaan PT Semen Padang pada ajang internasional itu sebagai bentuk komitmen perusahaan terhadap inovasi dan improvement di lingkungan perusahaan.

“Meski bangsa dan negara masih dihadang pandemi COVID-19, semangat untuk berinovasi harus tetap digelorakan di lingkungan perusahaan,” kata Nur Anita. Senior Total Productive Maintenance (TPM) Officer PT Semen Padang Zulkarnaen menambahkan, kedua tim yang dikirim PT Semen Padang pada ajang bergengsi tersebut, sudah dipersiapkan sejak Juli. Persiapannya meliputi pembuatan dokumen, makalah, Class of English dan lain-lainya.

“Untuk kedua tim ini diberikan persiapan melalui kelas bahasa Inggris, karena semua materi inovasi kedua tim ini nantinya disampaikan dalam bahasa Inggris,” kata Zulkarnaen.

Untuk Tim Watercooper, sebut Zulkarnaen, inovasi yang diperlombakan berjudul “Mengurangi Downtime PLTA Kuranji dengan Membuat Jalur ALternatif Transimisi 20kv di Gardu Induk PT Semen Padang tahun 2019. Kemudian Tim Fast Track dengan judul inovasi “Penggunaan Autamatic Transfer Switch (ATS) di Gardu Induk PT Semen Padang untuk Mempercepat Normalisasi Power Gardu Induk saat Terjadi Blackout Listrik Lebih dari 30 Menit Menjadi Kurang dari 1 Menit”.

PT Semen Padang, kata Zulkarnaen, optimis bahwa kedua tim yang dikirim mampu bersaing dengan para inovator dari berbagai industri di berbagai negara lainnya, karena kedua tim ini sebelumnya juga meraih Platinum pada ajang Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN) 2020.

“APQO/IC ini merupakan ajang inovasi internasional yang rutin digelar setiap tahun dan PT Semen Padang, sudah berpartisipasi sejak 2013. Untuk ajang APQO/IC tahun 2021, bagi PT Semen Padang merupakan yang keenam mengikutinya,” ungkap Zulkarnaen yang didampingi Staf TPM Officer, Wan Setiawan. Aajang APQO/IC di Australia ini sejatinya digelar pada 2020.

Namun karena dampak pandemi Covid-19, ajang tersebut ditiadakan dan barulah di tahun 2021 ini ajang APCO/IC ini kembali diselenggarakan di negara yang sama. Pada APQO/IC tahun 2019, tim inovasi PT Semen Padang berhasil meraih prestasi gemilang.

Dimana, empat tim yang dikirim semuanya berhasil meraih 3 Stars, atau anugerah tertinggi pada ajang tersebut. Semangat melakukan improvement dan inovasi di PT Semen Padang tidak pernah surut. Guna mewadahi hal itu, PT Semen Padang dan PT Semen Indonesia (Persero), Tbk, mewadahi hal tersebut.

Di Semen Padang setiap tahun digelar Semen Padang Improvement Event (SPIE) dan Semen Indonesia Group Innovation Award (SIGIA). Bagi yang meraih prestasi diikutkan pada ajang TKMPN. Tak hanya itu, para inovator PT Semen Padang yang berprestasi selain diikutkan pada ajang-ajang nasional, juga dikirim berkompetisi di tingkat internasional.(almadi)

  • Bagikan