PT Semen Padang Lakukan Penghijauan di Area Reklamasi

  • Bagikan

PADANG – Dalam rangkaian kegiatan  Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional dan Mutu Tahun 2022, PT Semen Padang melakukan penghijauan di area reklamasi di Front II Timur IUP 206 Ha, Jumat (11/2/2022).

Penghijauan di area tambang Batu Kapur itu, ditandai dengan penananaman pohon trembesi oleh Kepala Departemen Tambang & Pengelolaan Bahan Baku PT Semen Padang Andria Delfa, dan sejumlah staf pimpinan di lingkungan PT Semen Padang.

“Kegiatan penghijauan di tambang ini masuk dalam rangkaian kegiatan Bulan K3 Nasional dan Bulan Mutu PT Semen Padang yang diperingati setiap tahun dan tahun ini, pelaksanannya dari  12 Januari 2022 hingga berakhir 14 Februari 2022,” kata Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Oktoweri di Padang, Jumat (11/2/2022).

Secara terpisah, Kepala Departemen Tambang & Pengelolaan Bahan Baku  Andria Delfa menjelaskan, penanaman pohon ini pada intinya juga bagian dari program reklamasi tambang yang terus dilakukan  PT Semen Padang secara berkelanjutan dari tahun ke tahun sesuai dengan dokumen Reklamsi dan Pasca Tambang Semen Padang.

“Reklamasi ini kegiatan multitahunan di Departemen Tambang & Pengelolaan Bahan Baku, dan tiap tahun ada targetnya. Untuk tahun ini, target kami sekitar 5 hektare  yang dihijaukan,” kata Andria Delfa didampingi Kepala Unit Perencanaan & Pengawasan Tambang Dedi Muhammad Sidiq sekaligus sebagai Kepala Teknik Tambang IUP Batukapur 206 Ha.

Penghijauan yang dilakukan di area Front II Timur 206 Ha ini, kata Andria Delfa, merupakan yang keempat kalinya. Sebelumnya juga dilakukan  bekerjasama dengan Korem 032/Wirabraja dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumbar.

Penghijauan bersama Korem dan Dinas Lingkungan Hidup itu bertepatan dengan HUT ke-61 Pengambilalihan Pabrik (nasionalisasi) dari tangan Belanda pada 5 Juli 2019. “Penghijauan tersebut, menggunakan pupuk Bios 44 hasil penemuan Mayjen TNI Kunto Arief wibowo yang saat itu menjabat Danrem 032/Wirabraja,” ujarnya.

Kepala Teknik Tambang Dedi Muhammad Sidiq menambahkan bahwa total bibit yang akan ditanam di area Front II Timur ini sekitar 4000 batang pohon. Pohon yang ditanam juga bermacam-macam, selain trembesi, juga akan ditanam mahoni, sengon dan akasia.

“Trembesi, mahoni, sengon dan akasia itu tumbuhan keras yang direkomendasikan Kementerian ESDM untuk ditanam di areal reklamasi PT Semen Padang. Untuk hari ini, yang ditanam baru pohon trembesi, dimana pohon trembesi ini dapat menghirup karbon, pertumbuhannya juga cepat, tajuknya lebih bagus, dan bisa tumbuh dimana saja,” kata Dedi.

Selain melakukan penghijauan di area reklamasi, Dedi juga menyebut bahwa selama memperingati Bulan K3 Nasional dan Mutu tahun 2022, Departemen Tambang & Pengelolaan Bahan Baku juga menggelar berbagai kegiatan lainnya, seperti simulasi tanggap darurat High Angle Rescue atau penyelamatan korban kecelakaan kerja di area ketinggian, webinar Pengelolaan Keselamatan Pertambangan dengan narasumber dari Inpekstur Tambang Provinsi Sumbar dan akademisi Teknik Pertambangan UNP.

“Kemudian, kami juga menggelar kegiatan sosial untuk masyarakat, yaitu pemberian bantuan paket sembako dan pemeriksaan kesehatan gratis, pembagian masker, serta melakukan pelatihan pemadaman api menggunakan APAR dan kain basah,” ujar Dedi.(almadi)

  • Bagikan