Presiden Jokowi: Unand Bisa Kembangkan Pendidikan Secara Adaftif dan Inovasi

  • Bagikan

Padang-Perayaan Dies Natalis Universitas Andalas ke-65 dihadiri secara virtual oleh Presiden RI, Joko Widodo dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim.

Dalam video sambutannya, Jokowi menyampaikan harapannya untuk Unand ke depan bisa menjadi wadah berkembang bagi pengetahuan talenta mahasiswa-mahasiswanya untuk kejayaan bangsa.

“Universitas Andalas bisa menjadi perguruan tinggi yang mengembangkan pendidikan secara adaptif dan inovatif. Dan bisa berkontribusi dalam memberikan solusi terhadap persoalan bangsa,” ujar orang nomor 1 RI tersebut.

Presiden menambahkan, Unand bisa menjadi sumbu kolaborasi untuk bergerak demi kemajuan kemasyarakatan. Senantiasa bekerjasama dengan berbagai pihak praktisi maupun industri untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa.

Sementara itu Nadiem mengucapkan selamat atas Dies Natalis Unand ke-65, serta keberhasilan Unand mendapatkan status baru sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH).

Pencapaian Unand menjadi universitas ke-13 yang berstatus PTN-BH adalah sesuatu yang patut diapresiasi dalam usia Unand yang ke-65,” ujarnya. Nadiem juga menyampaikan, dengan alih status Unand menjadi PTN-BH bisa menjadikan Unand lebih leluasa bekerja sama dengan industri.

“Saya berharap Unand bisa menghadirkan berbagai inovasi dan berkolaborasi dalam kampus merdeka untuk kemajuan mahasiswa dalam meraih masa depannya,” sebutnya.

Rektor Yuliandri, Dies Natalis ini juga dirasa sangat istimewa, dengan kehadiran Presiden Joko Widodo sebagai pembicara kunci bersama Mendikbud Ristek Nadiem Makarim  secara zoom meeting.

Lebih mengharukan lagi, sebanyak 80 lebih testimoni Dies Natalis untuk Unand diberikan berbagai pihak, dimulai dari semua lembaga negara, tiga Menteri Koordinator Kabinet Kerja Jilid II, beberapa menteri, Mitra Unand PTN dalam dan luar negeri, serta Anggota DPR RI dan DPD RI Dapil Sumbar.

“Momentum kegiatam kita ini semakin lengkap dengan tambahan prestasi atas keberhasilan salah seorang mahasiswa Unand sebagai Mahasiswa Terbaik tingkat Nasional,” terangnya.

Pihaknya berharap, hal ini semakin memicu semangat kerja  civitas akademika Unand lebih profesional dalam melaksanakan pengabdiannya menuju Unand lebih baik dan unggul di masa mendatang. “Terimakasih juga atas partisipasi dan kolaborasi semua pihak dalam memajukan Unand yang sama sama kita cintai ini,” tutupnya.

Dies Natalis ke-65 sekaligus Lustrum ke XIII ini dilaksanakan di Gedung Convention Hall, Universitas Andalas. Sekaligus launching status baru Universitas Andalas sebagai PTN-BH. (naldi)

  • Bagikan