Penerimaan Mahasiswa Baru SIMA Unand Dibuka.

  • Bagikan

Padang-Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Seleksi Masuk (SIMA) UNAND menjadi formula ketiga dari sistem penerimaan mahasiswa baru, sebelumnya ada SNMPTN dan SBMPTN

Wakl Rektor (WR) I UNAND Prof Mansyurdin MS didampingi Staf Ahli Bid I Syofyan dan Koordinator Humas UNAND mengatakan, SIMA adalah pergantian sebutan penerimaan mahasiswa baru sistem Mandiri UNAND yang sejak tahun ini tidak dipakai istilah itu lagi.

“Ini berdasarkan kepada Permendikbud nomor 6 tahun 2020, tidak ada sistem penerimaan mandiri, yang ada penerimaan SNMPTN, SBMTN dan jalur lain. Tahun ini UNAND menyebutnya menjadi SIMA,,” ujar Mansyurdin, Senin 6 Juni 2022.

Untuk SIMA UNAND tahun ini me
mbuka peluang 40 persen atau 2849.

“Formulanya, SNMPTN 20 persen (1374) SBMPTN 40 peren (2856) totaL mahasiswa baru tahun ini 7060, naik 18 persen dari penerimaan 2021,” ujar Prof Mansyurdin.

Formula UNAND berstatus PTNBH beda dengan formula penerimaan mahasiswa baru kampus tidak PTNBH.,

“Permendikbud 6 tahun 2020 memberikan formula terbesar ke SIMA 50 persen, tapi tahun ini kita SIMA UNAND 40 persen, ” ulasnya.

Terkonfirmasi ada beberapa mahasiswa lolos SNMPTN yang tidak mendaftar sebanyak 33 orang.

”Berdasarkan Kemendikbud formula penerimaan tidak penuh dinaikan ke penerimaan SBMPTN dan SIMA,”ujar Mansyurdin.

UNAND era PTNBH sudah memliki program studi baru sehingga kini di Unand ada 49 Program Studi.

Untuk SIMA UNAND ada. lima varian yaitu berdasarkan kemampuan akademik (SIMA Akademik), Prestasi Unggul (SIMA Prestasi) seperti tahfis, olahraga. Disini lebih ditonjol kan kemampuan prestasi dan untuk tahun ini ditambah kan prestasi kepemimpinan seperti ketua OSIS . SIMA Disabilitas, SIMA Kerjasama dan SIMA Internasional.

“Prestasi diterima adalah level nasional, kelebihannya mahasiwa diterima jalur ini uang kuliah berdasarkan UKT,” ujar Mansyurdin.

Untuk registrasi pada SIMA unand ini dimulai dari tanggal 6 – 25 juni 2022

Ujian Tulis SIMA jalur akademik UNAND 27-28 Juni 2022 kerjasama UNAND dengan LTMPT. Untuk materi ujian SIMA Akademik berupa ujian tulis.untuk Saintek berupa TPS dan Bahasa Inggris.Soshum berupa TPS dan Bahasa Inggris dan TKA Shosum sedangkan yang campuran TPS dan Bahasa Inggris dan TKA Saintek dan Soshum. (Fitri)

  • Bagikan