Kapa Gulo Panaskan Alek Pemilihan Ketua KONI Oleh: Dasman Boy Dt Rajo Dihilie Wartawan Utama

  • Bagikan

Alek pemilihan Ketua KONI Sumbar dalam Musorprovlub yang akan dihelat pada 16 Juni mendatang makin memanas. Seluruh calon saling mengklaim sudah memiliki pemegang suara KONI kabupaten dan kota. Selain itu juga saling mengkliam suara dukungan dari Pengprov Cabor se Sumbar. Bahkan, tak tanggung tanggung dukungan mereka dapatkan melebihi kuota dukungan yang disyaratkan.

Ada juga calon yang mengklaim sudah didukung salah satu pimpinan di Ranah Minang. Bahkan ada juga indikasi bakal diramaikan oleh cukong “kapa gulo” yang bakal mensponsori sebagai “puro” kandidat untuk merengkuh jabatan bergengsi untuk menahkodai KONI Sumbar 1.

Tak hanya itu, ada juga pemegang suara bakal pasang kaki seribu berpindah ke lain hati, apabila calon yang diusungnya tidak lewat penjaringan dan penyaringan atau mendapatkan dukungan sesuai kuoata yang dipersyaratkan.

Saat ini berlaku kepentingan pribadi yang diutamakan. Bahwa dia mendukung sanak saudaranya, dia mendukung berdasarkan siapa yang bayar, sehingga kepentingan bersama memajukan olahraga Sumbar di nomor sekiankan.

Selain itu memang tak terbantahkan, sejak zaman baheula hingga sekarang di mana ada semut ada gula. Atau galibnya di mana ada perebutan kekuasaan, pemilik puro atau kapa gulo selalu melibatkan diri. Karenaakan melibatkan orang yang berkepentingan di sana. Di antaranya, penguasa, orang “Bagak”. Tentu diharapkan keberadaan kapa gulo di suksesi KONI Sumbar, lebih positif dengan mewujudkan permainan yang fair, sehingga dengan sendirinya juga mewujudkan olahraga Sumbar akan bangkit lagi.

Kalaupun ada kapa gulo ikut meramaikan suksesi Musorprovlub KONI Sumbar ini, tentu banyak pihak berharap dengan dukungan puro-nya yang positif. Ibaratanya, kok pitaruah ijan ditunggui dan pasan ijan dituruik. Yakni, biarkan berjalan sesuai dengan mekanismenya. (**)

  • Bagikan