ISKI Pusat Siap Menginisiasi dan Berkolaborasi Menarasikan Komunikasi Kebangsaan

  • Bagikan

Jakarta-Guna membangun konsolidasi dan transformasi organisasi, ISKI Pusat bertekad memperkokoh dengan kolaborasi pentahelix untuk sukseskan agenda bangsa seperti transformasi digital, presidensi G20, SDG dan tahun-tahun politik yang seharusnya menciptakan harmonisasi demokrasi.

Komunikasi kebangsaan menjadi isu yang kuat untuk menjaga harmonisasi kebhinekaan, perlu ada gerakan dan komitmen dari berbagai komponen bangsa, ISKI Pusat siap menginisiasi dan berkolaborasi menarasikan komunikasi kebangsaan.

Penegasan ini diungkapkan Ketua Umum ISKI (Ikatan Sarjana Ilmu Komunikasi Indonesia) Dr.Dadang Rahmat Hidayat. M.Si dalam Rakernas ISKI Periode 2021-2024, Minggu (19/6) di Hall Dewan Pers, Jakarta.
“ISKI siap berkolaborasi dengan lembaga-lembaga terkait untuk berperan serta dalam meredam kegaduhan konten yang kerap terjadi di lini masa dan berpotensi memecah persatuan bangsa, “ pungkas Dadang Dadang yang juga Dekan Fikom Unpad Bandung.

ISKI, lanjut Dadang, punya komitmen yang kokoh untuk mengajak seluruh elemen bangsa. Sebentar lagi Indonesia akan melakukan pesta demokrasi terbesar sepanjang sejarah, dan menjadi penting kita bersama-sama melakukan kampanye atau mengajak publik untuk berkontribusi dalam menyuguhkan konten sehat di lini masa, dan juga berharap pers bisa menjadi gerbong utama dalam melakukan edukasi publik.

“Bagi ISKI, kepedulian terhadap konten ini akan membuat perpecahan di dunia maya teredam dan memelihara persatuan bangsa. ISKI yakin ajakan ini akan disambut baik berbagai elemen. Tentu kami akan bicara dengan seluruh stakeholder terkait seperti Dewan Pers, KPI, para pegiat media sosial, akademisi dan lain-lain. Ini belum terlambat, jangan sampai peristiwa di 2019 dan sebelumnya terulang kembali” tuturnya.

Dadang mengungkapkan, Rakernas ISKI ini akan menggali gagasan-gagasan segar untuk memperkuat konsolidasi organisasi dan peran organisasi dalam memelihara demokrasi. Selanjutnya, ISKI berkomitmen akan terus mengawal dan melakukan kampanye secara beruntun untuk membantu pemerintah dalam memelihara proses demokrasi dan komunikasi yang sehat di masyarakat.

Dalam acara Rakernas ISKI Pusat tahun 2022 yang dihadiri pengurus pusat dan wilayah se Indonesia, ISKI Pusat juga berupaya menguatkan kolaborasi inklusif keilmuan dan praktek profesi komunikasi yang makin dinamis.Sorotan lainnya juga adalah upaya ISKI Pusat menguatkan kolaborasi internasional dengan asosiasi internasional komunikasi dan kampus komunikasi dunia.

Sisi lain, Pj Ketua ISKI Daerah Sumbar M.A. Dalmenda Dt. Pamuntjak Alam mengapresiasi hasil Rakernas ISKI di bawah kepemimpinan Dadang Rahmat Hidayat dengan memberikan ruang terbuka yang seluas-luasnya kepada pengurus pusat dan daerah untuk menyampaikan pokok-pokok pikiran atau ide serta gagasan untuk membuat program kerja guna memperkuat peran dan fungsi ISKI yang salah satunya ambil bagian dalam memelihara proses demokrasi yang sehat dan bermartabat.

“Banyak terobosan baru yang muncul di era kepemimpinan Pak Dadang, diantaranya yang fenomenal adalah akan menerbitkan kartu anggota ISKI seumur hidup dan ISKI Award untuk media serta memperluas jaringan kemitran dengan berbagai organisasi, “ sebut Menda Pamuntjak.

Menda Pamuntjak juga mengimbau dan mengajak para sarjana ilmu komunikasi di Sumbar untuk bergabung dengan ISKI Daerah Sumbar. ISKI bukan hanya diisi oleh para akademisi semata melainkan seluruh kalangan berbagai profesi berlatar pendidikan tingkat sarjana muda dan sarjana ilmu komunikasi. (*Naldi)

  • Bagikan