Dr. Dadang Rahmat Hidayat Sekali Lagi Jadi Ketua Umum ISKI Priode 2021-2024

  • Bagikan

Dr. Dadang Rahmat Hidayat, Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran (Unpad), kembali terpilih untuk keduakalinya menjadi Ketua Umum ISKI (Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia) periode 2021-2024 setelah mengungguli rivalnya Ade Kadarisman, Nugroho Agung Prasetyo, dan Rachman Salihul Hadi pada Musyawarah Nasional (Munas) ISKI, di Hotel Mercure Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (8/12/2021)

“Pemilihan dengan penentuan hak suara berlangsung secara hibrid luring dan daring tersebut, dari 61 yang berhak memberikan suara, Dadang Rahmat Hidayat teraratas melejit menunju tangga teraratas capaian 41 suara. Suatu perolehan angka gilang gemilang, “ ucap Dr. (Cand) M.A.Dalmenda, Dt. Pamuntjak Alam, M.Si Sekretaris Umum yang juga PJ Ketua ISKI Wilayah Sumbar didampingi Zike Martha, M.Si sebagai Wakil Sekum.

Diakui Dalmenda, sejak awal santer tersiar kabar bahwa diprediksi Dadang Rahmat Hidayat bakal memimpin kembali, ini tak lepas dari kepiawaiannya memimpin ISKI dengan membangun jaringan dan komunikasi yang sangat intens dengan pengurus di ISKI Pusat dan ISKI Wilayah. Hubungan terjalin dengan harmonis.

Sebelum pemilihan, Dadang Rahmat Hidayat menyampaikan laporan pertangjungjawaban terhahadap capaian dari program kerja.Laporannya diterima dengan aklamasi namun terdapatcacatan berupa usulan dan saran guna memperkuat program masa mendatang.

”Salah satu yang menarik adalah program pengembangan perwakilan luar negeri.Pada periode ini diinisiasi untuk dibentuk perwakilan luar negeri di beberapa wilayah sebagai upaya mengembangkan organisasi secara global karena telah tersebarnya sarjana komunikasi di berbagai belahan dunia, ” jelas Dalmenda Staf Ahli Rektor Unand Bidang Komunikasi dan Media

Wilayah yang sudah terbentuk yaitu, wilayah Amerika dengan Ketua/Koordinator Dr. Arifi Saiman berkedudukan di New York, Amerika Serikat dan Wilayah Eropa dan UK dengan Ketua/Koordinator Rieska Wulandari, S.Sos., berkedudukan di Milan Italia. Persiapan wilayah lainnya adalah wilayah Australia dan Wilayah Afrika.

Sambutan setelah diumumkan peraih suata terbanyak, ke depannya, kata Dadang Rahmat Hidayat, akan memperkokoh sinergi dan konsolidasi organisasi sampai ke tingkat wilayah, sehingga kiprah ISKI terutama dalam ikut menyumbang pemikiran terkait persoalan komunikasi di tanah air semakin nyata. ISKI wilayah adalah bagian kekuatan dari ISKI pusat. Selain itu, mantan Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI Pusat) mengatakan, periode kedua kepemimpinannya di ISKI ia akan terus mendorong upaya internasionalisasi kelembagaan.

Tak kalah penting disampaikan Dadang Rahmat Hidayat, pentingnya pemetaan para sarjana komunikasi di Indonesia baik tingkat regional dan nasional. Selanjutnya akan mendorong peningkatan sinergi para sarjana komunikasi di seluruh Indonesia. Diharapkan, ISKI semakin memberi kontribusi pemikiran dan rekomendasi bagi para pengambil kebijakan dalam kaitan masalah sosial kemasyarakatan terkait komunikasi,

Ditambahkan Dalmenda, ISKI Wilayah Sumbar dalam waktu dekat akan menggelar muswil guna membentuk masa kepengurusan baru periode 2021-20024. ISKI Wilayah Sumbar ke depannya akan lebih berupaya menindaklanjuti program ISKI Pusat untuk melakukan pemetaan para sarjana ilu komunikasi yand ada di Sumbar. Diakuinya, sangat banyak yang berminat para sarjana ilmu komunikasi di Sumbar yang ingin bergabung untuk terdaftar sebagai anggota dengan memiliki KTA (Kartu Tanda Anggota) ISKI Sumbar. (naldi)

  • Bagikan