Bulan K3 Nasional dan Mutu, PT Semen Padang Gelar SHE Challenge

  • Bagikan

PADANG – Dalam rangka memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional & Mutu Tahun 2022, PT Semen Padang menggelar Safety Health Environment (SHE) Challenge, Rabu (26/1/2022).

Bertempat di Fire Ground Semen Padang, kegiatan berupa cerdas cermat, safework, P3K dan pemadaman kebakaran yang digelar mulai pukul 08.00 WIB hingga berakhir pada pukul 17.00 WIB itu, diikuti oleh 21 tim di lingkungan PT Semen Padang.

Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati mengatakan, SHE Challenge dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 ini merupakan salah satu lomba yang digelar perusahaan dalam rangka memperingati Bulan K3 Nasional dan Mutu PT Semen Padang.

“Bulan K3 Nasional dan Mutu ini digelar sejak 12 Januari s.d. 14 Feberuari. Selain SHE Challenge, juga ada lomba foto dan video K3. Kemudian juga digelar seminar K3, kegiatan penghijauan dan lain sebagainya,” kata Nur Anita di sela-sela kegiatan SHE Challenge.

Ketua Panitia SHE Challenge Nurwan mengatakan ada 4 etape yang digelar pada kegiatan SHE Challenge ini, yaitu cerdas cermat dengan 15 soal meliputi K3, lingkungan hidup, pertolongan pertama, pemadaman api dan lain sebagainya yang menyangkut K3.

Pada lomba cerdas cermat, Nurwan menyebut bahwa semua peserta SHE Challenge harus mampu menjawab semua soal. Setelah cerdas cermat selesai, akan ada 2 soal yang harus diselesaikan peserta, yaitu soal safe working procedure dan soal P3K.

Untuk soal safe working procedure terdapat 2 zona, kerja di ketinggian dan confined space. Penyelesaian soalnya dilakukan melalui simulasi. Kemudian untuk P3K, penyelesaian soalnya juga melalui simulasi terhadap korban kecelakaan kerja.

“Setelah itu, peserta masuk ke zona pemadaman api. Ada 3 zona pemadaman api, yaitu pemadaman api menggunakan karung goni, menggunakan Apar dan menggunakan hydrant,” kata Nurwan.

Untuk penilaiannya, kata Nurwan melanjutkan, indikatornya berdasarkan ketepatan simulasi dari soal yang dikerjakan dan waktu maksimum yang terdiri dari cerdas cermat 5 menit, safe working procedure 15 menit,  P3K 10 menit dan pemadaman kebakaran 10 menit.
Semua rangkaian perlombaan itu dilaksanakan dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Untuk pemenang SHE Challenge tahun 2022 ini, akan diumumkan pada saat Webinar Bulan K3 Semen Padang yang akan dilaksanakan pada 8 Februari mendatang. Hadiahnya berupa uang tunai,” ujarnya.

Ketua Panitia Bulan K3 Nasional dan Mutu PT Semen Padang, Musytaqim Nasra mengatakan bahwa peringatan Bulan K3 Nasional dan Mutu yang rutin dilaksanakan setiap tahun di PT Semen Padang mempunyai beberapa tujuan untuk dicapai.

Di antaranya, meningkatkan kesadaran dan kepatuhan norma K3, meningkatkan partisipasi semua pihak dalam mewujudkan pelaksanaan budaya K3 disetiap kegiatan, dan mewujudkan SDM yang unggul dan terampil.

Untuk tahun 2022 ini, sasaran Bulan K3 yang akan diwujudkan adalah, meningkatnya jumlah karyawan yang menerapkan Sistim Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) berbasis teknologi, mencapai nihil kecelakaan di seluruh pekerjaan di unit kerja, dan meningkatnya produktivitas kerja.

Sedangkan fokus penerapan K3 adalah memastikan setiap orang yang masuk area pabrik telah memahami K3 dan mendapatkan induksi K3. Setiap orang yang masuk area pabrik juga harus memiliki ID card serta memakai Alat Pelindung Diri (APD) yang dipersyaratkan.

“Semua pekerjaan yang dilakukan juga harus memiliki izin kerja, memiliki Job Safety Analysis (JSA), dan setiap pekerja juga harus mendapatkan safety tool box meeting,” kata Musytaqim. (almadi)

  • Bagikan