BPK Semen Padang Edukasi Siswa SD tentang Kebakaran dan Pengenalan Satwa Liar

  • Bagikan

PADANG- Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) PT Semen Padang melakukan sosialisasi dan edukasi kebakaran serta satwa liar kepada puluhan siswa kelas I SD Islam Terpadu (IT) Permata Kita, Senin (21/2/2022).

Bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) PT Semen Padang, sosialisasi dan edukasi itu dibuka oleh Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati, dan turut dihadiri Staff of Occupational Safety & Health, Nurwan.

Nur Anita mengatakan, sosialisasi dan edukasi kebakaran serta satwa liar kepada siswa SD IT Permata Kita oleh BPK ini selaras dengan salah satu program BPK PT Semen Padang. “Tidak hanya kepada siswa SD, tapi juga kepada anak-anak TK, bahkan juga kepada ibu rumah tangga,” katanya.

Pengenalan tentang kebakaran disampaikan pihak BPK kepada siswa SD IT Permata Kita, kata Nur Anita melanjutkan, lebih kepada pendekatan. Bahkan dalam sosialisasi tersebut, pihak BPK menyampaikan bahwa api itu kalau kecil bisa menjadi teman dan kalau besar bisa menjadi lawan.

“Artinya, semuanya harus waspada dengan api. Tidak boleh takut, tapi tetap waspada. Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi pembelajaran bagaimana bersikap dan bertindak kalau terjadinya kebakaran, apalagi kegiatan sosialisasi dan edukasi ini juga diwarnai dengan simulasi pemadaman api yang diikuti oleh puluhan siswa SD IT Permata Kita,” ujarnya.

Selain pemadaman api, sebut Nur Anita, sosialisasi dan edukasi satwa liar juga menyita perhatian para siswa SD IT Permata Kita. Bahkan, mereka juga tampak antusias melihat berbagai satwa liar yang dihadirkan oleh pihak BPK.

“Ada berbagai satwa liar kenis reptil yang diperkenalkan oleh BPK kepada siswa SD IT Permata Kita. Di antaranya, ular, iguana, musang luak, kadal dan burung hantu. Para siswa tampak antusias sekali melihat berbagai reptil tersebut,” bebernya.

Kepala Sekolah SD IT Permata Kita Nanda Rafles mengatakan sosialisasi dan edukasi ini merupakan bagian dari kegiatan outing class. Dan kegiatan seperti ini merupakan merupakan program wajib SD IT Permata Kita yang digelar 2 kali setahun.

“Untuk kunjungan ke PT Semen Padang dalam rangka sosialisasi dan edukasi kebakaran ini merupakan yang pertama kali. Sebelumnya, kami juga berkunjung ke Radio Classy FM dan ke Ditlantas Polda Sumbar,” katanya.

BPK Semen Padang menjadi tujuan kegiatan outing class, sebut Nanda, karena berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Dan melalui kegiatan simulasi dan edukasi ini, dia pun berharap dalam kunjungan ini, ada pengalaman yang diperoleh.

“Pertama kalau terjadi kebakaran, mereka sudah tahu bagaimana kiat-kiat menhadapi peristiwa kebakaran tersebut. Kemudian kedua, ketika mereka melihat ular, mereka juga sudah tahu cara menyikapinya,” ujar Nanda.

Salah seorang siswa SD IT Permata Kita ketika diminta komentarnya atas kegiatan tersebut mengaku senang bisa belajar tentang pemadaman kebakaran dan satwa liar. “Senang sekali, tadi bisa langsung memadamkan api dan naik mobil pemadam kebakaran. Om yang ngajarin baik-baik semua,” tutur Ammar dari kelas 1/Utsman Ustman bin Affan. (almadi)

  • Bagikan